Sempat Tuai Kontroversi, Penyalin Cahaya Masuk Top 10 Netflix Global

Sempat Tuai Kontroversi, Penyalin Cahaya Masuk Top 10 Netflix Global

Gaya Hidup | bisnis.com | Jum'at, 28 Januari 2022 - 14:50
share

Bisnis.com, SOLO - Photocopier alias Penyalin Cahaya masuk ke dalam 10 Netflix Global. Ia menempati urutan kedua sebagai film non-Bahasa Inggris yang banyak ditonton pada minggu kedua penayangan, yakni 17-23 Januari 2021.

Netflix mencatat, film yang tayang perdana pada 13 Januari 2022 itu menjadi satu-satunya film dari Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk dalam daftar Netflix Top 10 di periode tersebut.

Lebih jauh, film yang mendominasi Festival Film Indonesia 2021 ini juga masuk dalam Netflix Top 10 di Singapura, Filipina, Sri Lanka, Vietnam, Taiwan, serta negara-negara Amerika Latin seperti Argentina, Bahama, Bolivia, Chile, Colombia, Costa Rica, Republik Dominika, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Jamaica, Nicaragua, Panama, Paraguay, dan Uruguay.

Sementara itu, pada periode sebelumnya (10-16 Januari 2022), film garapan sutradara Wregas Bhanuteja tersebut menempati peringkat kelima dan dengan jumlah 4,4 juta jam penayangan.

Diketahui, Brazil, Peru, Venezuela, Malaysia, dan Indonesia adalah negara yang paling banyak menonton Penyalin Cahaya pada minggu pertama tayang (10-16 Januari 2022).

Lepas dari itu, jelang penayangannya, Penyalin Cahaya sempat menuai kontroversi. Salah seorang krunya, diketahui merupakan pelaku pelecehan seksual.

Sebagai bentuk tanggung jawab etik, tim produksi lantas memutuskan untuk menghapus nama pihak terkait dari kredit film sekaligus mengeluarkannya dari rumah produksi yang menaunginya.

" Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film. Pihak terlapor tersebut tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio ," tulis pihak Rekata Studio dan Kaninga Pictures di media sosialnya.

Pernyataan sikap @rekatastudio & @kaningapictures pic.twitter.com/GDBVlBdbF7

Film Penyalin Cahaya (@penyalincahaya) January 10, 2022
Topik Menarik