Duh! Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Mengancam Nyawa, Salah Satunya Diet yang Amburadul

Duh! Kebiasaan Buruk Ini Ternyata Mengancam Nyawa, Salah Satunya Diet yang Amburadul

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 27 Januari 2022 - 12:00
share

Menjaga kesehatan seharusnya dilakukan dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Sayangnya, sering kali kebiasaan buruk merusak kesehatan bahkan dapat mengancam nyawa kamu, lho.

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan adalah melaksanakan diet yang sembarangan. Alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, diet yang salah akan memberikan dampak buruk bagi tubuhmu.

Nah, kira-kira kebiasaan apa saja yang berdampak buruk bagi kesehatan? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Tidak mengonsumsi karbohidrat

Ketika diet, kerap seseorang sama sekali tak mengonsumsi karbohidrat. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

Padahal, kebiasaan ini berbahaya sebab tubuh akan kekurangan kadar karbohidrat harian, lho.

Berdasarkan pedoman Angka Kecukupan Gizi dari Kemenkes RI, orang dewasa dianjurkan mengonsumsi karbohidrat sekitar 300-400 gram per hari. Dampak dari kurangnya karbohidrat harian akan menyebabkan kadar gula darah menurun.

2. Tidak sarapan

Melewatkan sarapan di pagi hari mungkin terdengar sepele. Ternyata, kebiasaan ini gak baik bagi kesehatan tubuh, lho.

Ketika kamu tak sarapan, tubuh akan merasa lapar dan terjadi kekurangan kadar gula darah. Studi dari Universitas Harvard mengatakan bahwa pria yang melewatkan sarapan memiliki risiko 27 persen lebih besar terkena serangan jantung atau penyakit jantung.

Gak perlu khawatir soal kenaikan berat badan karena sarapan, kamu dapat memilih menu yang rendah lemak seperti oatmeal, telur rebus atau roti gandum sebelum memulai hari.

3. Begadang

Wah, siapa yang suka begadang sepanjang malam? Stop sekarang ya, Beauty.

Saat tidur di malam hari, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin. Fungsinya adalah mengatur ritme sirkadian yang juga akan meningkatkan kualitas tidur.

Ketika begadang, proses produksi hormon ini akan terganggu. Selain itu, ternyata begadang kerap menimbulkan rasa lapar dan mendorong kita untuk makan malam.

Topik Menarik