Loading...
Loading…
Selain Corona, Peradangan Kronis Disebut Jadi Musuh Kesehatan Nomer Satu, Waspadai Pemicunya Beauty!

Selain Corona, Peradangan Kronis Disebut Jadi Musuh Kesehatan Nomer Satu, Waspadai Pemicunya Beauty!

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 27 Januari 2022 - 10:39

Beauty, selain virus Corona, peradangan kronis mungkin menjadi musuh kesehatan masyarakat nomer satu.

Biasanya, peradangan adalah respons protektif yang membantu tubuh sembuh dari cedera atau infeksi. Tetapi peradangan kronis menempatkan tubuh dalam keadaan waspada yang konstan. Seiring waktu, itu dapat menyebabkan kerusakan serius dan bahkan fatal.

"Penyakit radang kronis telah diakui sebagai penyebab kematian paling signifikan di dunia saat ini, termasuk penyakit jantung, kanker, diabetes, stroke, dan penyakit ginjal kronis, kata penulis makalah yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine.

Dan, dikutip dari Eat This, Kamis (27/1/2022), berikut ini adalah kebiasaan buruk sehari-hari yang menciptakan peradangan.

1. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah pemicu utama peradangan, dan metode paling efektif untuk mengurangi peradangan adalah penurunan berat badan, kata para ahli.

Menurut tinjauan tahun 2018 dari 76 studi, menurunkan berat badan dapat mengurangi jumlah peradangan di tubuh dan mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi setiap hari memiliki efek anti-inflamasi.

2. Jarang bergerak

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dikaitkan dengan peradangan , dan semakin kamu tidak banyak bergerak, semakin banyak penanda peradanganmu meningkat, kata sebuah penelitian menemukan. Kabar baiknya, olahraga adalah perbaikan cepat secara harfiah.

Studi lain yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas California San Diego menemukan bahwa hanya satu sesi olahraga ringan selama 20 menit menyebabkan tubuh menghasilkan respons anti-inflamasi. Para ahli termasuk American Heart Association merekomendasikan untuk berolahraga setidaknya 150 menit dengan intensitas sedang, atau 75 menit olahraga berat, setiap minggu.

3. Stres

Stres kronis tampaknya menyebabkan respons peradangan dalam tubuh, yang dapat merusak jantung dan sistem kekebalan tubuh. Studi terbaru menemukan bahwa stres yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit hati berlemak dan kanker (dan prognosis yang buruk), berpotensi memperpendek hidup Anda selama bertahun-tahun.

4. Terlalu Banyak Makan Makanan Olahan

Makan makanan olahan terutama karbohidrat sederhana dan gula tambahan meningkatkan stres oksidatif dalam tubuh yang mengaktifkan gen inflamasi, kata sebuah makalah tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine .

Makanan ultra-proses ini, tinggi gula, garam dan pengawet, juga dapat mengubah mikrobiota usus, meningkatkan risiko usus bocor , di mana racun menyebar dari perut ke seluruh tubuh, resep cepat untuk peradangan.

5. Kurang Tidur

Kualitas tidur yang buruk merupakan faktor risiko peradangan kronis sistemik (SCI), kata para peneliti Nature Medicine .

"Paparan cahaya biru dari gadget , terutama setelah matahari terbenam, meningkatkan gairah dan kewaspadaan di malam hari dan dengan demikian menyebabkan gangguan ritme sirkadian, yang pada gilirannya meningkatkan peradangan, dan merupakan risiko berbagai penyakit terkait peradangan," tulis para penulis.

Original Source

Topik Menarik