Loading...
Loading…
Berobat Tak Wajib Lagi Bawa Kartu BPJS Kesehatan

Berobat Tak Wajib Lagi Bawa Kartu BPJS Kesehatan

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 27 Januari 2022 - 10:01

LAYANAN JKN-KIS pada 2022 semakin memudahkan masyarakat. Kini Anda hanya menyebut Nomor Induk Kependudukan saja jika mau berobat.

Direktur BPJS Kesehatan Ali Ghufron mengatakan, NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik, khas, dan tunggal yang melekat pada seseorang sebagai penduduk Indonesia.

"Dalam rangka memudahkan administrasi kepesertaan NIK, kini sebagai pengganti kartu JKN-KIS. Teknologi sudah canggih, jadi (berobat) cukup dengan NIK, ga perlu kartu BPJS lagi," katanya dalam acara Launching Penggunaan NIK secara virtual.

Dia menambahkan, NIK juga menjadi kunci penting alam menentukan setiap akses pengelolaan data, validitas, dan eligibilitas data ketika peserta mengakses pelayanan JKN-KIS.

Penggunaan NIK, kata Ali Ghufron, juga sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan dengan didukung data yang akurat, mutakhir, terpadu, hingga dapat dipertanggungjawabkan.

"Jadi peserta gak perlu cetak kartu BPJS dan kita berharap cukup menyebutkan NIK ke mana-mana atau cukup menunjukkan e-ktp atau KIS Digital," ujarnya.

Baca Juga :
Hoaks, Vaksin Booster Berbayar Jika Tidak Punya BPJS Kesehatan

Dengan demikian, inovasi ini diharapkan bisa memberikan kemudahan akses dan akomodasi layanan peserta, juga memudahkan pemangku kepentingan. "Tapi karena banyak yang belum tahu maka jadi PR untuk informasikan kepada khalayak," tambah dia.

Original Source

Topik Menarik