Sayur Kol Ternyata Bisa Kurangi Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Jantung Moms!

Sayur Kol Ternyata Bisa Kurangi Kolesterol hingga Jaga Kesehatan Jantung Moms!

Gaya Hidup | herstory | Selasa, 25 Januari 2022 - 11:40
share

Siapa yang tak tahu sayur kol. Sayur satu ini sering dijumpai di berbagai olahan masakan, seperti soto, rawon, atau somai. Meski hanya sering menjadi makanan pendamping, tapi manfaat sayur kol tak main-main, lho Moms.

Sayur kol menjadi slaah satu sayuran yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sayur ini digadang-gadang bisa mencegah beberapa penyakit, seperti mengurangi kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Hal ini karena sayur kol kaya akan nutrisi, seperti kalori, protein, serat, vitamin, folat, mangan, vitamin B6, kalsium, dan magnesium. Nah, berikut ini sejumlah manfaat sayur kol yang perlu kamu pahami, antara lain:

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol adalah zat seperti llemak yang ditemukan di dalam tubuh. Nah kolesterol sendiri ada dua, yakni kolesterol jahat (LDL) atau kolesterol baik (HDL).

Bagi orang yang memiliki LDL tinggi, ini berisiko sakit jantung, Moms. Nah, manfaat sayur kol untuk menurunkan kadar kolesterol karena mengandung 2 zat ini, yakni serat larut dan sterol tumbuhan.

2. Membantu melancarkan pencernaan

Syur kol ini juga penuh dengan serta tidak larut yang ramah bagi usus. Pasalnya, serat ini membantu melancarkann sistem pencernaan tetap sehat dengan melancarkan buang air besar secara teratut.

Makan lebih banyak sayur kol adalh cara terbaik untuk melancarkan sistem pencernaan agar teatp sehat, ya Moms.

3. Menurunkan tekanan darah

Nutrisi kalium di dalam sayur kol juga dapat bermanfaat dalam membantu mengatur tekanan darah dengan menangkal efek natrium dalam tubuh, ya Moms.

Dokter sering menyarankan pasien dengan tekanan darah tinggi untuk mengurangi asupan garam yang terdiri dari natrium. Nah, sayur kol ini bisa jadi salah satu cara utuk menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Moms, sayur kol yang berwarna merah bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, lho. Ini karena kandungan antosianin di dalamnya. Antosisanin adalah pigmen tumbuhan yang termasuk dalam flavonoid.

Banyak penelitian menemukan hubungan antara makan makanan yang kaya akan pigmen antosianin dan oenurunan risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 93.600 wanita, para peneliti meneukan bahwa mereka yang emninsumsi makanan kaya antosianin lebih terhindar dari risiko serang jantung.

Itulah beberapa manfaat sayur kol yang perlu Moms ketahui. Jadi kalau sekarang Moms gak suka makan sayur ini, mulailah untuk makan untuk mendapat sejumlah manfaat dari sayur kol.

Topik Menarik