8 Posisi Tidur yang Baik Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

8 Posisi Tidur yang Baik Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Gaya Hidup | katadata.co.id | Selasa, 25 Januari 2022 - 11:20
share

Posisi tidur yang baik akan memengaruhi kualitas tidur seseorang. Dengan istirahat yang berkualitas, tubuh akan lebih sehat dan segar sehingga aktivitas keesokan harinya menjadi lebih baik.

Menyadari hal tersebut, maka banyak orang mencari tahu posisi tidur yang benar dan ideal. Namun, ternyata posisi tubuh ideal untuk setiap orang berbeda-beda, bergantung pada kondisi kesehatan orang tersebut.

Mengutip dari klikdokter.com , berikut beberapa posisi tidur yang baik beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Beragam Posisi Tidur yang Baik

1. Posisi Tidur Telentang

Posisi tidur pertama yang bisa meningkatkan kualitas tidur yaitu telentang. Dengan tidur secara telentang, Anda bisa membuat kepala, leher, dan tulang belakang dalam posisi netral. Posisi tidur ini bisa mengurangi risiko nyeri atau pegal pegal saat bangun pagi.

Walaupun demikian, tidur dengan posisi telentang dapat menyebabkan mendengkur. Pada posisi ini, jalan napas menjadi tidak optimal. Maka itu, jika Anda memiliki kebiasaan mendengkur sebaiknya jangan tidur dengan posisi telentang.

Selain itu, tidur dengan posisi ini juga dapat membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Maka itu, untuk orang yang memiliki penyakit GERD sebaiknya mengganjal kepala dengan bantal yang cukup tinggi jika ingin tidur telentang.

2. Posisi Tidur ke Samping

Posisi tidur yang benar lainnya yaitu posisi tidur menghadap ke samping. Posisi tidur ini dianggap paling ideal untuk membuka jalan napas bagi orang yang mempunyai masalah pernapasan atau mendengkur saat tidur.

Posisi ini juga bisa meredakan nyeri punggung bagian bawah. Posisi tidur ke arah samping dapat melancarkan aliran darah ke jantung terutama bagi wanita hamil, sehingga tidur miring bisa menjadi posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Sementara itu, posisi ini bisa membuat rasa baal dan kesemutan pada bagian tubuh yang tertindih. Untuk mencegah hal itu, usahakan untuk tidur ke arah samping dengan lutut tidak terlalu tertekuk.

3. Posisi Tidur Meringkuk

Posisi tidur meringkuk merupakan posisi tidur menyamping dengan parut dan lutut tertekuk. Pada ibu hamil, posisi meringkuk ke kiri diketahui bisa melancarkan sirkulasi darah ke bayi. Selain itu, posisi ini juga baik untuk orang yang mempunyai kebiasaan mendengkur.

Walaupun demikian, tidur meringkuk tidak disarankan untuk orang yang mengalami radang sendi, terutama peradangan di area punggung. Hal tersebut dikarenakan posisi ini akan menambah tekanan di punggung dan memperberat nyeri sendi.

4. Posisi Tidur Tengkurap

Posisi tidur tengkurap bisa menjadi pilihan apabila Anda tidak bisa tertidur secara telentang atau miring. Meskipun demikian, tidur tengkurap ternyata tidak memberikan banyak keuntungan.

Sebaliknya, posisi tidur ini dapat meningkatkan risiko nyeri di area leher sebab posisi leher berputar hampir 90 derajat. Tak hanya itu, tidur tengkurap juga kurang baik untuk tulang belakang.

5. Posisi Tidur Bintang Laut

Posisi tidur bintang laut yaitu posisi telentang dengan lengan dan tungkai terbuka lebar seperti bintang. Posisi tidur ini dapat mencegah asam lambung naik dengan syarat kepala harus diganjal dengan bantal.

Posisi tidur ini baik untuk penderita GERD atau dispepsia. Walaupun demikian, posisi tidur bintang laut bisa menyebabkan dengkuran. Maka itu, posisi tidur ini tidak disarankan untuk penderita obstructive sleep apnea (OSA).

6. Posisi Tidur dengan Meletakan Bantal di Bawah Perut

Posisi tidur lainnya yang juga bisa Anda coba yaitu posisi tidur dengan meletakan bantal di bawah perut. Posisi ini dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur.

Bantal tipis yang diletakkan di bawah perut juga bisa membantu menyelaraskan tulang belakang, sehingga posisi ini baik untuk penderita hernia atau penyakit degeneratif.

7. Posisi Tidur dengan Meletakkan Bantal di Bawah Lutut

Posisi tidur yang baik lainnya posisi tidur dengan menempatkan bantal di bawah lutut. Posisi ini disarankan untuk penderita sakit punggung dan tidur telentang tanpa bantal.

8. Posisi Tidur Mengangkat Lengan ke Atas

Posisi tidur ini disarankan untuk Anda yang mengalami gangguan pada punggung. Selain itu, posisi tidur dengan mengangkat lengan ke atas diketahui berguna untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan keriput.

Namun, perlu diketahui bahwa posisi ini dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur dan berisiko menyebabkan asam lambung naik. Selain itu, posisi ini juga bisa membuat baru tertekan.

Itulah beberapa posisi tidur yang baik lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya. Dengan memperhatikan posisi tidur, harapannya kualitas tidur juga akan meningkat.

Topik Menarik