6 Fakta Meninggalnya 2 Pasien Omicron di Indonesia

6 Fakta Meninggalnya 2 Pasien Omicron di Indonesia

Gaya Hidup | okezone | Senin, 24 Januari 2022 - 06:00
share

INDONESIA melaporkan dua kasus kematian pasien Covid-19 terkonfirmasi Omicron, Sabtu 22 Januari 2022. Informasi ini diungkap kepada publik oleh Kementerian Kesehatan RI, melalui situs laman resminya dan juga berbagai platform media sosialnya pada Sabtu malam.

Apa saja fakta-fakta seputar dua pasien Omicron meninggal dunia ini? Merangkum keterangan dari Kementerian Kesehatan RI, berikut ulasan singkat fakta-faktanya di bawah ini.

1. Kasus kematian pertama: Dalam siaran media resminya, Kemenkes menyatakan dua angka kasus kematian ini menjadi pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat Omicron.

2. Berbeda transmisi: Juru bicara Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyebutkan dua pasien positif Omicron yang meninggal, berbeda transmisi. Satu kasus merupakan transmisi lokal, satu lagi merupakan pelaku Perjalanan Luar Negeri, ujar dr. Siti Nadia, Sabtu (22/1/2022).

3. Meninggal di rumah sakit berbeda: Dari keterangan dr. Nadia, pasien positif Omicron transmisi lokal meninggal di RS Sari Asih Ciputat, Tangerang Selatan. Sedangkan pasien positif Omicron yang adalah pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

4. Pasien komorbid: Dua orang pasien positif yang meninggal diketahui sama-sama punya penyakit penyerta. Menurut dr. Siti Nadia, komorbid yang dimiliki pasien adalah Diabetes Melitus dan Hipertensi.

Topik Menarik