Loading...
Loading…
Dude Harlino Jalani Operasi Amandel, Bagaimana Prosedur dan Efek Sampingnya?

Dude Harlino Jalani Operasi Amandel, Bagaimana Prosedur dan Efek Sampingnya?

Gaya Hidup | indozone.id | Minggu, 23 Januari 2022 - 16:50

Baru-baru ini Dude Harlino membagikan fotonya yang tengah terbaring di rumah sakit dengan tangan dililit diinfus. Aktor sekaligus suami dari Alyssa Soebandono itu rupanya baru saja menjalani operasi amandel akibat radang amandel yang dideritanya.

Dude merasa bersyukur karena operasinya berjalan lancar. Kondisinya pun mulai membaik.

Akan tetapi bagaimanakah prosedur operasi amandel yang dijalani Dude? Apakah tindakan medis tersebut memiliki efek samping?

Mengutip dari Mayo Clinic , operasi amandel (tonsilektomi ) merupakan prosedur operasi untuk mengangkat amandel. Tak hanya dengan pisau bedah, pengangkatan amandel dalam operasi ini juga dapat dilakukan dengan paparan gelombang suara dan energi laser.

Amandel ( tonsil ) sendiri adalah dua kelenjar kecil yang masing-masing berada di sisi kiri dan kanan tenggorokan. Amandel berfungsi untuk mencegah infeksi, walau terkadang organ ini juga terserang infeksi.

Nah amandel yang terserang infeksi dan mengalami radang harus diangkat melalui prosedur operasi. Sebab jika diberikan akan kronis dan menimbulkan lebih banyak efek buruk ketimbang manfaatnya.

Baca Juga :
Dekat dengan Dude Harlino, Raya Kitty Tak Takut Dicemburui Alyssa Soebandono

Prosedur operasi amandel

Prosedur operasi amandel sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan. Di mana pada tahap awal dokter akan melakukan bius total sehingga pasien akan tertidur dan tidak merasakan sakit selama operasi berlangsung. Setelah bius bekerja, dokter akan membuka mulut pasien untuk mengangkat amandel.

Tahap selanjutnya yaitu mengangkat amandel. Pengangakana organ kecil ini dapat dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain: 1. Memotong amandel menggunakan pisau bedah atau disebut juga dengan cold knife (steel) surgery.

2. Menghancurkan jaringan amandel dan menghentikan perdarahan menggunakan energi panas atau disebut juga electrocautery (diathermy).

3. Menghancurkan amandel menggunakan suhu dingin atau disebut juga dengan coblation (radiofrequency ablation).

4. Memotong amandel menggunakan energi laser dan gelombang suara.

Keseluruhan proses operasi amandel berlangsung sekitar 2030 menit. Setelah itu, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan.

Efek samping

Meski jarang ada kasus yang gagal. Operasi amandel ternyata bisa menimbulkan berbagai reaksi pada tubuh.

Reaksi tersebut biasanya muncul dengan gejala ringan hingga parah. Namun, jangan khawatir, efek samping yang timbul tetap dapat diatasi dengan pengobatan rumahan ataupun pengobatan medis.

Baca Juga :
Bicara soal Karier Anak, Dude Harlino: Saya Membebaskan Saja

Berikut berbagai efek samping dari operasi amandel.

1. Sakit tenggorokan

Efek samping operasi amandel yang pertama adalah sakit tenggorokan. Efek ini timbul di hari-hari pertama setelah operasi.

Sakit tenggorokan ini dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan obat-obatan penghilang rasa sakit dari dokter.

2. Sakit telinga

Mengutip dari Cleveland Clinic , s akit telinga juga menjadi efek samping yang muncul setelah operasi amandel. Biasanya, sakit telinga disertai dengan bengkak.

3. Leher kaku dan nyeri rahang

Leher kaku dan nyeri rahang turut menjadi efek samping operasi amandel. Efek ini membuat kamu kesulitan menggerakkan rahang dan leher sehingga susah menelan makanan dan minuman.

4. Demam

Operasi amandel juga dapat menimbulkan efek berupa demam hingga 38,8 ? yang bertahan sekitar 72 jam setelah prosedur.

Efek samping ini berkaitan dengan anestesi yang diberikan dokter ketika tonsilektomi dilakukan. Demam dapat diatasi dengan obat nyeri, termasuk Tylenol.

5. Bau mulut

Usai menjalani operasi amandel efek lain yang dirasakan pasien adalah napas menjadi bau. Kondisi ini mungkin akan bertahan selama tujuh hingga 10 hari setelah prosedur operasi dilakukan.

Dokter mungkin akan memberikan antibiotik untuk mengatasi efek samping tersebut. Dan kamu juga bisa mengunyah permen karet untuk meredakan bau mulut tak sedap. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{
{