Hati-hati, Ini 10 Penyakit yang Sering Menyerang Orang Berusia 40 Tahun ke Atas

Hati-hati, Ini 10 Penyakit yang Sering Menyerang Orang Berusia 40 Tahun ke Atas

Gaya Hidup | bisnis.com | Sabtu, 22 Januari 2022 - 00:49
share

Bisnis.com, JAKARTA - Life begin at 40. Pasti kebanyakan dari Anda paham dan pernah mendengar istilah ini.

Ketika seseorang menginjak usia 40 tahun, memang mereka memasuki masa kedewasaan yang sesungguhnya. Tapi, yang harus Anda ingat juga, bahwa ketika usia ini adalah menjaga dan mengelola kesehatan Anda.

Meski banyak orang yang masih sehat dan segar bugar di usia 40 tahun, tapi ada beberapa jenis penyakit yang bisa mengintai Anda ketika memasuki kepala 4.

Dilansir dari Health.com, berikut 10 penyakit yang umumnya menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas.

1. Sering buang air kecil

Kandung kemih Anda dapat berubah seiring bertambahnya usia, kata S. Adam Ramin, MD, ahli urologi dan direktur medis Spesialis Kanker Urologi di Los Angeles.

Seiring bertambahnya usia, saraf yang membantu kandung kemih mungkin tidak bekerja dengan baik, dan otot kandung kemih dapat menebal seiring bertambahnya usia, sehingga mengurangi kapasitasnya, katanya. Kandung kemih yang terlalu aktif dan inkontinensia memiliki banyak solusi: Latihan kegel dapat membantu, seperti krim estrogen vagina dan obat-obatan lainnya, kata Dr. Ramin.

2. Gejala perimenopause

Pada pertengahan 40-an, beberapa wanita akan mulai memiliki gejala perimenopause, atau fase transisi menuju menopause, kata Adeeti Gupta, MD, ob-gyn dan pendiri Walk In GYN Care.

Meskipun perimenopause bukanlah penyakit, gejalanya, termasuk hot flashes, menstruasi tidak teratur, dan pendarahan hebat dapat mengganggu .

Penurunan libido juga dapat terjadi, karena kadar testosteron menurun sebagai bagian dari perubahan hormonal yang terjadi pada perimenopause. Terapi hormon dapat membantu meringankan beberapa gejala ini pada beberapa pasien, katanya.

3. Batu ginjal

Seringkali, seiring bertambahnya usia, orang lebih banyak mengalami dehidrasi, kata Dr. Ramin.

Didukung dengan faktor risiko lain seperti perubahan pola makan, dapat menyebabkan peningkatan kemungkinan mengembangkan batu di usia 40-an ke atas.

Meskipun batu ginjal biasanya keluar dengan sendirinya, pembedahan mungkin diperlukan untuk menghilangkannya. Masalah batu ginjal ini lebih sering terjadi pada pria, kata Dr. Ramin.

4. Infeksi saluran kemih dan prostat

Baik pria maupun wanita mungkin mengalami lebih banyak infeksi di usia 40-an. Bagi wanita, peningkatan infeksi saluran kemih (ISK) mungkin terjadi, kata Dr. Ramin, karena dinding vagina yang menipis dan perubahan pH vagina yang menyertai penuaan. Antibiotik adalah pengobatan yang direkomendasikan, katanya. Untuk mencegah ISK, tetap terhidrasi dan ingat untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks.

Pria mungkin mengalami infeksi prostat di usia 40-an, terutama jika mereka memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak, kata Dr. Ramin. Rasa sakit di testis, sekitar anus, atau ntara tulang panggul dan pusar adalah gejala utama, selain juga sering buang air kecil atau rasa terbakar saat buang air kecil, kata Dr. Ramin.

5. Alergi makanan

Mengalami alergi makanan tidak terbatas pada masa kanak-kanak.

Kerang dan kacang adalah jenis penyebab alergi terbanyak.

Para ahli tidak yakin tentang apa yang mendorong peningkatan alergi pada orang dewasa, pencegahan tidak mungkin dilakukan.

6. Osteoartritis

Sekitar usia 40-an, osteoartritis dapat terjadi, kata Alejandro Badia, MD, ahli bedah ortopedi tangan dan ekstremitas di Florida.

Saat tulang rawan menipis di sekitar persendian, rasa sakit dan ketidaknyamanan pun terjadi.

Umumnya terjadi di tulang belakang leher lumbal, pinggul, dan lutut, dan [dalam] sendi tertentu seperti sendi basal ibu jari, terlebih lagi pada wanita.

Osteoarthritis adalah bentuk arthritis yang paling umum, dan cara terbaik untuk menghindarinya, kata Dr. Badia, adalah dengan diet yang sehat dan seimbang serta olahraga menahan beban.

7.Hipertensi

Dokter Anda mungkin memperingatkan Anda bahwa Anda menderita hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Mengelola kondisi ini penting, karena dibiarkan, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Mengurangi stres sangat penting untuk manajemen tekanan darah tinggi, kata Sanjiv Patel, MD, ahli jantung di MemorialCare Heart & Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

Strategi penting lainnya untuk menurunkan tekanan darah Anda, kata Dr. Patel, adalah dengan mengurangi asupan natrium Anda, memiliki pola makan yang sehat secara umum, dan berolahraga secara teratur.

8. Disfungsi ereksi

Banyak pria di usia 40-an mungkin mulai menyadari penurunan kemampuan mereka untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi.

Seringkali ini disebabkan oleh kondisi medis lain, seperti obesitas, hipertensi, atau sindrom metabolik, yang semuanya dapat mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke penis.

9. Kanker kulit

Kanker kulit adalah salah satu masalah kulit utama yang saya lihat seiring bertambahnya usia, kata Michelle Henry, MD, dokter kulit dan ahli bedah kulit yang berbasis di NYC. Baik sel basal dan karsinoma sel skuamosa disebabkan oleh paparan sinar matahari kumulatif Anda, kata Dr. Henry. Demikian pula, melanoma disebabkan oleh paparan sinar matahari, bersama dengan genetika, katanya.

10. Depresi atau kecemasan

Sebagian besar gangguan kesehatan mental pertama kali muncul di awal masa dewasa, jauh sebelum Anda mencapai usia 40-an, kata Anthony P. DeMaria, PhD, seorang psikolog klinis dan psikoterapis dan direktur asosiasi psikiatri rawat jalan dewasa di Mount Sinai St. Luke\'s dan Mount Sinai West Hospitals di New Kota York.

Seperti ecemasan finansial, orang tua yang menua, membesarkan anak jika Anda memilikinya, dan perubahan penampilan fisik Andabisa sangat melelahkan.

Topik Menarik