Mengenal 5 Kota Tersepi di Indonesia, Pernah Singgah?

Mengenal 5 Kota Tersepi di Indonesia, Pernah Singgah?

Gaya Hidup | inewsid | Jum'at, 21 Januari 2022 - 16:10
share

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki ketidakseimbangan jumlah penduduk. Ada kota yang berpenduduk padat hingga kota paling sepi.

Jika mendengar kata kota, pastinya Anda membayangkan tempat yang sangat ramai, fasilitas lengkap, bahkan dipenuhi gedung-gedung pencakar langit. Namun, tak selamanya kota memiliki ciri-ciri seperti itu.

Dari 98 kota di Indonesia, ada 5 kota yang bisa dikatakan jauh dari suasana keramaian seperti kota pada umumnya. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Mengutip kanal YouTube Angka dan Data pada Jumat (21/1/2022), berikut adalah 5 kota tersepi yang ada di Indonesia.

1. Kota Pagaralam, Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan memiliki kota tersepi yaitu Kota Pagaralam. Bahkan wilayah ini menjadi kota tersepi ke 5 di Indonesia. Dengan jumlah penduduk kota pada Juni 2021 mencapai 140.737 jiwa, penduduk Kota Pagaralam menempati lahan kota yang begitu luas. Luas Kota Pagaralam mencapai 634 km2, sehingga rata-rata kepadatan penduduk hanya mencapai 233 jiwa per km.

2. Kota Dumai, Riau

Dumai merupakan kota di Provinsi Riau yang begitu luas. Luas kota ini mencapai 1.623 km2. Bahkan, Dumai menjadi kota dengan wilayah terluas ketiga di Indonesia. Namun, jumlah penduduk kota ini hanya mencapai 323.090 jiwa per Juni 2021, sehingga kepadatan penduduknya hanya mencapai 199 jiwa per km yang menjadikan Kota Dumai berada di urutan ke 4 sebagai kota tersepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk.

3. Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah

Siapa sangka kalau Palangka Raya masuk sebagai kota tersepi di Indonesia berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk. Kota yang juga merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini dan pernah menjadi kandidat calon ibu kota baru di Indonesia ini memiliki wilayah seluas 2.400 km2.

Dengan wilayah yang sangat luas, penduduk yang menempati kota ini hanya mencapai 286.704 jiwa per Juni 2021. Maka, didapat rata-rata kepadatan penduduk kota hanya mencapai 119 jiwa per km. Hal ini menjadikan Kota Palangka Raya sebagai kota tersepi di Pulau Kalimantan dan tersepi ke 3 di Indonesia.

4. Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara

Di posisi kedua, ada Tidore yang terletak di Provinsi Maluku Utara sebagai kota tersepi di Indonesia. Hal ini karena penduduk kota menempati wilayah yang sangat luas, mencapai 1.646 km2. Bahkan, kota ini menjadi kota dengan wilayah terluas di Indonesia setelah Palangka Raya.

Dengan wilayah yang luas, penduduk bernaung di Kota Tidore hanya 115.406 jiwa per Juni 2021. Rata-rata kepadatan penduduk kota hanya 70 jiwa per km.

5. Kota Subulussalam, Aceh

Inilah kota tersepi di Indonesia. Kota Subulussalam ini menjadi kota tersepi karena luas wilayahnya yang sangat besar. Namun, jumlah penduduk yang menempati kota ini tergolong sedikit. Dengan jumlah penduduk yang hanya mencapai 93.710 jiwa per Juni 2021, menempati luas kota sebesar 1.391 km2.

Maka, rata-rata kepadatan penduduk di kota ini hanya 67 jiwa per km. Kota Subulussalam juga menjadi kota di Indonesia dengan luas wilayah terbesar ke empat. Jumlah penduduk yang tergolong sedikit dan luas wilayahnya yang besar, menjadikan Kota Subulussalam sebagai kota tersepi jika dilihat berdasarkan rata-rata kepadatan penduduk.

Topik Menarik