Loading...
Loading…
Bahaya dan Mematikan, Urutan Golongan Darah Paling Berpotensi Kena Penyakit Jantung

Bahaya dan Mematikan, Urutan Golongan Darah Paling Berpotensi Kena Penyakit Jantung

Gaya Hidup | herstory | Jumat, 21 Januari 2022 - 13:15

Penyakit jantung menjadi salah satu kondisi kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang. Pasalnya banyak yang tak sadar karena gejalanya yang mirip dengan masuk angin, gangguan pencernaan, hingga masalah pernapasan.

Ternyata, ada beberapa orang yang berisiko terkena penyakit ini, lho. Persentasenya dapat dilihat dari golongan darah.

Penelitian yang dilakukan oleh Asisten Profesor di Departemen Nutrisi di Harvard School of Public Health di Boston, Lu Qi, menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah AB memiliki 23 persen peningkatan risiko terkena penyakit jantung. Kondisi ini biasanya menyerang orang dewasa atau yang berumur lebih dari 20 tahun.

Urutan selanjutnya ditempati oleh pemilik golongan darah B. mereka memiliki potensi terkena risiko penyakit jantung hingga 11 persen dibandingkan yang lainnya.

Sedangkan bagi pemilik golongan darah A memiliki peningkatan risiko sebanyak 5 persen dibandingkan dengan orang dengan golongan darah O.

Meski begitu, belum diketahui pasti mengapa golongan darah memengaruhi besarnya potensi terkena penyakit jantung. Namun, pada kasus golongan darah A, kemungkinan berkaitan dengan kolesterol jahat yang menyumbat arterinya jauh lebih tinggi.

Sedangkan pada golongan darah O, mereka memiliki risiko terendah sebab ada senyawa tertentu dalam darah yang dapat melancarkan aliran dan pembekuan pada darah.

Untuk menghindari risiko penyakit jantung, sebaiknya terapkan gaya hidup sehat dalam keseharian kamu, yah. Mulai dari pola makan hingga kebiasaan seperti jam tidur yang cukup.

Original Source

Topik Menarik