Jarang Ada yang Tahu, Ini Bahaya Makan Ikan Laut dan Ayam Secara Bersamaan, Fatal Banget!

Jarang Ada yang Tahu, Ini Bahaya Makan Ikan Laut dan Ayam Secara Bersamaan, Fatal Banget!

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 20 Januari 2022 - 14:30
share

Mengkombinasikan mungkin merupakan salah satu kebiasaan kita saat makan. Hal ini biasanya kita lakukan untuk mencari cita rasa yang berbeda dari biasanya, atau juga karena penasaran. Mengkombinasikan makanan seperti ikan laut dan ayam mungkin terdengar aneh. Tapi, hal ini tak jarang dilakukan oleh banyak orang lho.

Namun, mengkombinasikan makanan seperti ikan laut dan ayam ternyata memiliki bahaya yang tak banyak diketahui oleh banyak orang. Ada larangan yang mengatakan bahwa mengonsumsi dua jenis daging berbeda bisa menimbulkan penyakit dalam tubuh.

Kira-kira kenapa ya ikan laut dan ayam tidak boleh dikonsumsi sembarangan? Yuk, simak penjelasan berikut!

Mengapa Tidak Boleh Mengonsumsi Dua Jenis Daging Berbeda?

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat 3 jenis daging, yakni daging merah (sapi dan kambing), unggas (ayam, burung, bebek dan lainnya), dan seafood (ikan, udang, cumi dan lainnya). Ketiga jenis daging tersebut pastinya memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Namun, daging-daging itu juga bisa membawa malapetaka jika mengonsumsinya tidak benar.

Menurut David Friedman, seorang ahli gizi sekaligus penulis Food Sanity: How to Eat in a World of Fads and Fiction pun membenarkan bahwa kita tidak bisa mengonsumsi 2-3 jenis daging tersebut secara bersamaan dalam satu piring atau satu waktu.

Kebiasaan mengonsumsi lebih dari satu jenis daging dalam satu piring atau mengolahnya sebagai junk food bisa menyebabkan masalah kesehatan. Menurutnya, ikan laut membutuhkan waktu 30 menit untuk dicerna, daging ayam membutuhkan satu setengah hingga dua jam untuk dicerna, dan daging merah butuh waktu hingga lima jam untuk dicerna.

Hal ini yang membuat ketiga jenis daging tidak boleh dikonsumsi bersamaan.Daging merah membutuhkan lebih banyak waktu agar dicerna dengan baik karena mengandung banyak protein dibandingkan ikan dan unggas. Oleh karena itu, proses pencernaan daging merah membutuhkan lebih banyak skresi asam oleh sel parietal lambung dan sekresi enzim yang lebih aktif oleh pankreas agar pencernaan lebih optimal.

Mengonsumsi dua hingga tiga jenis daging tersebut secara bersamaan mungkin akan menimbulkan masalah pencernaan. Berbeda jika kita mengonsumsinya secara berkala dan tidak bersamaan. Kondisi itu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti refluks asam, mulas, sakit perut dan kembung," jelasnya.

Oleh karena itu, kita sama sekali tidak boleh mengonsumsi 3 jenis daging tersebut secara bersamaan agar tidak merusak proses pencernaan dalam tubuh.

Topik Menarik