Cuma Butuh 1 Hari untuk Varian Omicron Sebabkan Penularan

Cuma Butuh 1 Hari untuk Varian Omicron Sebabkan Penularan

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 20 Januari 2022 - 12:02
share

VARIAN Omicron memang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 di banyak negara. Di Indonesia sendiri, kasus varian Omicron pun telah menyebabkan kenaikan kasus positif Covid-19.

Informasi terbaru mengatakan bahwa sekarang kasus Omicron di Indonesia sudah lebih dari 1.000 kasus. Pemerintah pun tegas melarang masyarakat pergi ke luar negeri jika keperluannya tidak mendesak.

Bicara soal Omicron, maka hal yang cukup menarik untuk diketahui adalah hari ke berapa pasien berhenti menyebarkan virus. Kemudian, pertanyaan lainnya adalah di hari ke berapa pasien Omicron sangatlah menular.

Menjawab pertanyaan tersebut, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa orang yang terinfeksi Omicron paling menular dalam timeline waktu yang sangat singkat setelah dia terinfeksi virusnya.

"Ini karena Omicron menyebabkan gejala lebih cepat daripada varian sebelumnya, yang rata-rata sekitar 3 hari setelah infeksi terjadi. Artinya, pada Omicron virus sudah bisa menular sehari setelah seseorang terinfeksi" ungkap laporan ABC News, dikutip MNC Portal, Kamis (20/1/2022).

Lebih lanjut, dr Amy Karger dari University of Minnesota Medical School merekomendasikan agar setiap individu yang merasakan gejala mengarah ke Omicron untuk melakukan tes di hari ketiga dan lima hari setelah Anda dinyatakan positif Covid-19. "Banyak kasus di masyarakat orang-orang dinyatakan positif Covid-19 di hari ketiga," terang dr Karger.

Topik Menarik