Selain Beras Merah, Ini 5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Aman untuk Diabetesi

Selain Beras Merah, Ini 5 Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih yang Aman untuk Diabetesi

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 20 Januari 2022 - 10:35
share

Para penderita diabetes harus benar-benar memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebab, kalau salah memilih makanan, gula darah bisa langsung melonjak tinggi.

Karbohidrat memiliki peran penting terhadap kadar gula darah. Pasalnya, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi glokosa atau gula darah.

Nah, para penderita diabetes perlu mengganti sumber karbohidrat yang lebih aman. Yuk, catat beberapa sumber karbohidrat pengganti nasi, seperti dilansir dari berbagai sumber (20/1/2022).

Beras merah

Serat dari beras merah dapat membantu memperlambat karbohidrat untuk diserap hingga mencapai ke aliran darah. Beras merah juga bisa membuat perut kenyang lebih lama, lho.

Kacang-kacangan

Kacang hitam dan kacang merah merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Jagung

Jagung juga bisa menjadi pengganti nasi putih. Dalam 100 gram jagung mengandung 140 kalori, sedangkan 100 gram nasi putih mengandung 175 kalori. Jagung juga mengandung serat yang dapat memecah karbohidrat menjadi glukosa lebih lama.

Roti gandum

Sebuah studi pada 2018 mengungkapkan bahwa setiap satu poorsi roti gandum dapat menurunkan risiko diaabetes tipe 2. Makanya, roti gandum dianggap lebih aman untuk si diabetesi.

Raspberi

Buah raspberi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah ini memiliki kandungan gula dan karbohidrat yang rendah. Selain itu, raspberi juga merupakan salah satu buah dengan kandungan serat tinggi.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menjadi pengganti nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Menarik