Wah! Ikan Asin Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Jantung Lho Moms

Wah! Ikan Asin Ternyata Bisa Mencegah Penyakit Jantung Lho Moms

Gaya Hidup | herstory | Kamis, 20 Januari 2022 - 09:00
share

Ikan asin adalah ikan yang pembuatannya diawetkan dengan garam dalam jumlah yang banyak. Nggak heran kalau ikan asin bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Apakah Moms pecinta ikan asin? Jika ya, maka ini adalah kabar baik untuk Moms. Selain rasanya yang asin dan gurih, ikan asin ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho Moms. Beberapa manfaat tersebut, antara lain:

1. Mencegah penyakit jantung

Moms mungkin akan bertanya-tanya mengapa ikan asin dapat mencegah penyakit jantung. Ini karena ikan asin mengandung omega-3 dan kaya kolestreol akan kolesterol baik atau HDL.

Kandungan ini membantu mencegah penyakit jantung dan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, Moms.

2. Sumber energi bagi tubuh

Selanjutnya, ikan asin mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari, Moms. Pasalnya, sebanyak 100 gram ikan asin bisa memberi 193 kkal energi untuk tubuh. Ini sangat tepat jika dipadu dengan makanan dengan gizi tinggi.

3. Membantu pembentukan otot

Dengan kandungan protein tinggi, ikan asin juga bermanfaat untuk membangun atau meningkatkan massa otot. Sebagimana yang diketahui protein sangat diperlukan untuk pembentukan otot.

4. Menjaga sistem imun

Selain pembentukan otot, protein yang terkandung dalam ikan asin juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Moms. Sehingga Moms tidak mudah terserang penyakit.

5. Mencegah anemia

Kandungan ikan asin yang lainnya yaitu zat besi. Nah, zat besi ini bisa membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang bisa mencegah terjadinya anemia.

6. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Kandungan zat besi yang tinggi dalam ikan asin juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka, Moms. Namun, manfaat ini nggak berlaku untuk orang yang memiliki penyakit hemofilia.

7. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Nutrisi seperti kalsium dan fosfor menjadi kandungan paling tinggi pada ikan asin. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, seperti menambah tinggi badan, mencegah kelainan tulang, dan memperkuat struktur tulang, Moms.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan, Moms juga jangan terlalu sering mengonsumsi ikan asin secara berlebihan. Pasalnya, kandungan garam yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Topik Menarik