Catat! Ini Menu Diet yang Cocok Bagi Penderita Asam Urat, Gak Usah Bingung Lagi Moms

Catat! Ini Menu Diet yang Cocok Bagi Penderita Asam Urat, Gak Usah Bingung Lagi Moms

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 19 Januari 2022 - 14:30
share

Asam urat adalah bentuk penyakit arthritis yang umum terjadi pada orang dewasa. Enggak hanya menimbulkan rasa yang menyakitkan, asam urat juga bisa berujung pada komplikasi yang berbahaya bagi tubuh.

Asam urat bisa terjadi di semua sendi pada tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah sendi jaringan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung tiga sampai 10 hari. Pembengkakan juga enggak hanya terjadi di sendi, tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Asam urat enggak bisa disembuhkan total, tapi penderita asam urat bisa mengendalikan serangannya supaya enggak sering kambuh, salah satunya dengan menerapkan diet.

Diet asam urat sendiri dirancang untuk membantu penderitanya mencapai berat badan yang sehat dan membentuk kebiasaan makan yang baik.

Kelebihan berat badan memang bisa meningkatkan risiko asma urat. Dengan menurunkan berat badan, setidaknya kamu bisa mencegah kambuh dan mengurangi beban berat tubuh yang menekan persendian.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Bagi penderita asam urat atau yang memiliki riwayat dengan gejala asam urat harus lebih berhati-hati dan selektif memilih makanan.

Beberapa makanan pantangan ini mengandung kadar purin yang tinggi. Makanan dengan tinggi purin memicu kenaikan kadar asam urat dan membuatnya menumpuk di dalam darah.

Berikut makanan tinggi purin yang menjadi pantangan dan sebaiknya dibatasi, di antaranya:

- Jeroan: hati, ampela, otak, jantung, babat, ginjal, dan sebagainya

- Daging merah: daging sapi, domba, babi, bebek

- Seafood atau makanan laut: udang, lobster, kerang, kepiting, sarden, tuna, ikan teri

- Beberapa jenis sayuran penyebab asam urat: bayam, asparagus, kol, kubis, daun singkong, nangka muda, melinjo

- Makanan dan minuman dengan pemanis: roti, permen, jus buah kemasan, minuman kaleng dan soda, produk susu tinggi lemak

- Minuman beralkohol seperti bir.

Menu Diet untuk Penderita Asam Urat

Makanan yang aman dikonsumsi antara lain telur, tempe, tahu, daging ayam, ikan lele, ikan nila, ikan kakap, beras merah, yoghurt, keju, susu rendah lemak, buah-buahan tinggi vitamin C, dan sayuran.

1. Tumis sayur telur orak-arik

Tumis sayur telur orak-arik bisa jadi pilihan menu kalau kamu enggak punya banyak waktu untuk memasak lauk dan sayuran dalam satu waktu.

Untuk sayurannya, bisa menggunakan wortel, tomat, timun, dan brokoli. Menu ini juga menyehatkan karena dimasak dengan sedikit minyak.

2. Sayur labu siam

Jipang atau labu siam kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat namun juga rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi ketika diet. Kamu bisa mengolahnya menjadi menu sayur labu kuah ataupun ditumis dengan tambahan tahu dan aneka sayuran lain.

3. Oseng tahu tempe

Tahu tempe merupakan sumber protein nabati yang bisa menjadi selingan menu diet penderita asam urat. Memasak oseng tahu tempe juga cukup cepat dan bisa dikombinasikan dengan nasi merah hangat.

4. Sate ayam teflon

Untuk membuat sate ayam teflon sendiri, gunakan bagian daging tanpa lemak seperti dada dan menyisihkan kulitnya. Sate ayam teflon bisa dikreasikan dengan bumbu kacang, bumbu kecap khas Tegal, atau sambal taichan.

5. Steak ayam fillet

Daging ayam bisa diolah menjadi steak nikmat dengan saus dan sayuran sebagai pelengkapnya. Gunakan daging dada ayam dan buang tulangnya, kemudian masak di teflon antilengket.

6. Sop telur puyuh

Menu sayur sop ini bisa diisi dengan telur puyuh dan beragam jenis sayuran seperti wortel, kentang, tomat, dan seledri. Seledri merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi, mengontrol tekanan darah, dan aman bagi penderita asam urat.

7. Ikan garang asem

Menu garang asem dengan kuah gurih dan asam segar ini cocok dipadukan dengan ikan. Moms bisa menggunakan ikan nila, patin, atau lele.

Itulah beberapa menu diet jika Moms menderita asam urat. Semoga bisa bermanfaat ya Moms!

Topik Menarik