Terkuak Honor Fantastis Penulis Kisah Andin - Aldebaran "Ikatan Cinta", Nominalnya Bikin Melongo!

Terkuak Honor Fantastis Penulis Kisah Andin - Aldebaran "Ikatan Cinta", Nominalnya Bikin Melongo!

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 19 Januari 2022 - 06:50
share

Ada sosok penulis skenario yang turut andil berperan dalam kesuksesan sinetron Ikatan Cinta. Berkat alur cerita yang dikemas seapik mungkin, membuat sinetron ini digandrungi masyarakat Tanah Air dan memiliki rating yang tinggi.

Terlebih Amanda Manopo dan Arya Saloka sebagai pemeran utama, yang dengan segudang bakat aktingnya mampu melakoni peran dari cerita yang ditulis apik oleh penulis skenario.

Turut andil menyukseskan sinetron Ikatan Cinta, siapa sangka kalau penulis skenario mendapatkan gaji yang sangat fantastis. Hal tersebut turut diungkap oleh mantan penulis skenario Ikatan Cinta, Egi Nina.

Lewat cuitan dalam akun Twitter yang diunggah pada 10 Juni 2021 lalu, Egi Nina membongkar urusan dapur sinetron Ikatan Cinta yang selama ini tak diketahui banyak orang di luar sana.

Egi dengan gamblangnya membongkar bayaran seorang penulis skenario. Setidaknya, ada empat jabatan dalam kru penulis skenario dengan masing-masing menerima besaran gaji yang berbeda.

Setiap tim penulis skenario terdiri dari beberapa bagian yaitu head-writer, plotter dan drafter. Namun ada satu jabatan lain yang juga penting, yaitu co-writer (penulis pendamping), yang dapat merangkap jabatan sebagai drafter ataupun plotter.

Seorang penulis pendamping yang juga seorang drafter digaji sekitar Rp30 juta-Rp62 juta per bulan. Sementara co-writer yang juga plotter dibayar di atas drafter, antara Rp62 juta hingga 93 juta per bulan.

Posisi tertinggi tentu saja dipegang oleh penulis kepala yang menghasilkan pendapatan antara Rp279 juta-Rp465 juta per bulan, tetapi kisaran jumlah itu belum dibagikan ke tim.

"Penghasilan Penulis Skenario? Co-writer (drafter) 30jt-62jt/bln. Co-writer (ploter) 62jt-93jt/bln. Head-writer 279jt-465jt/bln (ini belum di bagi ke team). Peran co-writer SANGAT PENTING krn kalo ga ada mereka, striping gak akan bisa jalan. Kadang head-writer jg ada yg ga kerja," cuit Egi dalam unggahan Twitter.

Di samping gaji yang diterima, Egi juga mengatakan kalau ada bonus yang diberikan bila rating sinteronnya sukses. Namun, tak semua rumah produksi bisa memberikan bonus tersebut, ada pula yang hanya sekadar memberikan ucapan terima kasih.

Dalam sinetron Ikatan Cinta, Egi Nina menduduki jabatan drafter. Dengan gaji fantastis yang diterimanya, tentu besar pula tanggung jawab yang dipegang Egi sebagai seorang penulis kisah Andin dan Aldebaran.

Sayangnya, Egi kini tak lagi menjadi bagian tim penulis skenario Ikatan Cinta. Ia dikabarkan sudah resmi mundur sejak Mei 2021 lalu.

Topik Menarik