Vagina Juga Bisa Bisulan Lho Moms, Ini Penyebabnya

Vagina Juga Bisa Bisulan Lho Moms, Ini Penyebabnya

Gaya Hidup | herstory | Senin, 17 Januari 2022 - 19:20
share

Moms tentu tak asing dengan penyakit bisul, bukan? Ya, bisul menjadi salah satu masalah kulit yang bisa mengganggu kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Bisul tak hanya muncul di kulit lengan atau wajah, tapi juga bisa terbentuk di sekitar vagina, lho Moms. Munculnya bisul di vagina sangat meresahkan, apalagi kalau kamu adalah wanita yang aktif secara seksual.

Nah, kira-kira apa ya penyebab bisul di vagina?

1. Mencukur bulu kemaluan

Kalau kamu sering mencukur bulu kemaluan atau waxing, bisa saja hal tersebut menjadi penyebab bisul di vagina yang kamu alami, Beauty. Pasalnya, waxing bisa meningkatkan risiko bulu kemaluan tumbuh ke dalam, dan menyebabkan radang pada folikel rambut yang kemudian dapat menambah risiko infeksi.

2. Infeksi bakteri

Infeksi bakteri Staphylococcus aureus merupakan salah satu penyebab bisul di vagina yang paling sering. Bakteri ini kerap menginfeksi melalui luka kecil yang juga mungkin terjadi akibat mencukur bulu kemaluan, Beauty.

Selain Staphylococcus aureus, bakteri lain yang kerap menjadi penyebab bisul di area miss v ini adalah streptococcus dan mycoplasma.

3. Infeksi saluran menular

Bisul yang muncul di vagina juga bisa menjadi tanda dari adanya infeksi menular seksual. Berbagai infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan gejala bisul pada kemaluan, seperti herpes, sifilis, dan kondisi tertentu pada penderita HIV/AIDS.

4. Penyebab non-infeksi

Salah satu penyebab bisul pada miss v yang terjadi karena masalah non-infeksi, seperti adanya trauma pada folikel rambut, gesekan yang terlalu kencang, peradangan. Selain itu, produksi minyak atau keringat berlebih dan adanya sumbatan-sumbatan tertentu juga bisa menjadi penyebab non-infeksi.

Itulah beberapa penyebab bisul vagina yang harus kamu pahami. Kalau bisul di vagina tak kunjung mereda selama beberapa minggu, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter, ya Beauty.

Topik Menarik