Hujan Terus, Ini Tips Mencegah  Penyakit Musim Penghujan

Hujan Terus, Ini Tips Mencegah Penyakit Musim Penghujan

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 14 Januari 2022 - 14:06
share

SAAT ini masih terjadi hujan di mana-mana. Terkadang kita tak sengaja kehujanan saat menuju kantor di tengah jalan.

Akibatnya banyak orang yang mudah jatuh sakit selama musim penghujan. Kondisi ini juga kian diperparah dengan merebaknya varian Omicron.

Namun tak usah cemas, beberapa penyakit yang datang selama musim hujan masih dapat dicegah. Merangkum dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, berikut tips mencegah serangan penyakit di musim hujan seperti batuk, pilek, masuk angin, demam.

makan sehat meningkatkan imun

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Imun yang kuat membuat tubuh mampu melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi atau penyakit. Meningkatkan imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan kaya antioksidan seperti buah dan sayuran serta istirahat cukup.

2. Olahraga teratur

Jangan jadikan musim hujan sebagai penghalang. Olahraga juga bisa dilakukan dalam rumah seperti lompat tali, yoga, push-up, dan sit-up. Lakukan hal ini rutin minimal 30 menit setiap harinya minimal 3 kali seminggu. Jangan lupa pemanasan sebelum dan pendinginan untuk cegah kram otot.

3. Jaga kebersihan

Rutin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah menyentuh benda kotor. Jika mau memasak, pastikan bahan makanan dan peralatan memasak sudah dicuci bersih. Jika di luar rumah, hindari kerumunan, pakai masker dan selalu jaga jarak fisik.

4. Vaksinasi

Lakukan vaksinasi influenza, dengue, dan hepatitis A untuk meningkatkan sistem imun. Kenali berbagai jenis penyakit lainnya yang sering muncul saat musim banjir dan hujan seperti diare, tifoid, leptospirosis, serta lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

5. Hindari gigitan nyamuk demam berdarah

Caranya dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) menggunakan prinsip 3M plus.

Topik Menarik