Keren! 2 Negara Asia Ini Punya Paspor Terkuat di Dunia, Kalahkan Negeri Adi Daya

Keren! 2 Negara Asia Ini Punya Paspor Terkuat di Dunia, Kalahkan Negeri Adi Daya

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 14 Januari 2022 - 06:45
share

SEBUAH firma kewarganegaraan Henley and Partners, yang secara berkala memberi peringkat paspor menurut tingkat kebebasan bepergian yang mereka izinkan bagi warga negara telah menerbitkan indeks pertamanya pada tahun 2022.

Pada peringkat Januari, Jepang dan Singapura berada nomor satu, dengan warga diizinkan mengunjungi 192 destinasi. Sementara Jerman dan Korea Selatan di posisi kedua dengan 190 destinasi.

Indeks tahun ini mengungkapkan tingkat memecahkan rekor kebebasan bagi pemegang paspor teratas di Jepang dan Singapura.

Finlandia, Italia, Luksemburg, dan Spanyol berada di posisi sama, yakni ketiga. Kemudian Selandia Baru dan Amerika Serikat mengungguli Australia di posisi keenam.

Dengan 185 destinasi yang bisa dikunjungi, Australia, Kanada, Republik Ceko, Yunani, dan Malta berada di posisi ketujuh.

Infografis Paspor

Di daftar lainnya, paspor dengan peringkat terendah adalah Afghanistan, di mana hanya diakui oleh 26 negara untuk masuk secara otomatis. Ini merupakan kesenjangan terbesar dalam mobilitas sejak peringkat kekuatan paspor pertama kali disusun 17 tahun lalu.

"Kesenjangan yang semakin terasa dalam mobilitas internasional antara negara-negara kaya dan negara-negara miskin menjadi fokus tajam akhir tahun lalu, dengan kedatangan varian Omicron yang sangat menular," ujar Henley & Partners.

Peringkat Henley and Partners menilai 199 paspor dunia dan memperhitungkan perkembangan dalam perjanjian visa antaryurisdiksi di seluruh dunia.

Topik Menarik