Masih Usia 20an Terkena Asam Urat, Apa Penyebabnya?

Masih Usia 20an Terkena Asam Urat, Apa Penyebabnya?

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 12 Januari 2022 - 08:05
share

Asam urat di usia muda? Apakah hal ini mungkin terjadi, Beauty? Kabar buruknya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah iya. Asam urat ini bisa terjadi di usia muda.

Sebenarnya, asam urat bisa terjadi pada siapa saja di usia berapa saja, termasuk di usia muda, bahkan pada anak-anak, ya Beauty. Penyebab dan gejala asam urat di usia muda juga gak jauh berbeda.

Asam urat biasanya ditandai dengan rasa sakit yang timbul secara tiba-tiba dan disertai dengan nyeri parah, pembengkakan, kemerahan, serta nyeri pada sendi. Penyakit ini bisa membuat pengidapnya terbangun di tengah malam dengan sensasi terbakar di bagian tubuh tertentu, misalnya jempol kaki.

Apa penyebab asm urat di usia muda?

Ada banyak faktor yang menyebabkan sesorang mengidap asam urat di usia muda, seperti:

1. Pola diet

Seseorang yang menjalani diet terlalu ketat atau diet yang salah berpotensi mengalami asam urat di usia muda, Beauty. Mengonsumsi makanan yang kaya akan daging dan makanan laut dan minum-minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa) juga bisa meningkatkan kadar asam urat. Konsumsi alkohol, terutama bir, juga meningkatkan risiko asam urat.

2. Obesitas

Kalau kamu mengalami kelebihan berat badan alias obesitas, tubuh akan menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal menjadi lebih sulit mengendalikan asam urat.

3 Kondisi medis

Penyakit dan kondisi tertentu bisa meningkatkan risiko asam urat di usia muda. Kondisi ini termasuk tekanan darah tinggi yang tak diobati dan kondisi kronis seperti, diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit jantung dan ginjal.

4. Obat-obatan tertentu

Penggunaan diuretik thiazide, biasanya digunakan untuk mengobati hipertensi dan aspirin dosis rendah juga bisa meningkatkan kadar asam urat, ya Beauty. Begitu juga penggunaan obat antibiotik yang diresepkan untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.

5. Riwayat keluarga

Risiko asam urat meningkat pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit sama.

6. Pasca operasi atau trauma

Mengalami operasi atau trauma yang terjadi baru-baru ini dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan serangan asam urat.

Itulah beberapa penyebab asam urat di usia muda yang perlu kamu perhatikan, Beauty. Semoga membantu, ya!

Topik Menarik