Intip Gaya Hidup Sustainable ala Aktris Angela Gilsha yang Bisa Kamu Tiru!

Intip Gaya Hidup Sustainable ala Aktris Angela Gilsha yang Bisa Kamu Tiru!

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Senin, 10 Januari 2022 - 09:00
share

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian alam semakin meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya kampanye serta komunitas yang menggalakan gaya hidup sustainable untuk ikut menjaga lingkungan. Di kalangan seleb ada aktris Angela Gilsha Panari yang gencar mensosialisasikan gaya hidup sustainable .

gaya hidup seleb Sumber: instagram.com/angelagilsha/

Aktris yang pernah membintangi sinetron Anak Langit ini memang dikenal memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Gilsha pun beberapa kali diketahui membagikan cara yang dilakukannya dalam mewujudkan gaya hidup ramah lingkungan melalui akun Instagramnya. Nah, bagi kamu ingin menerapkan sustainable lifestyle bisa mencoba beberapa cara yang dilakukan oleh aktris kelahiran Bali ini.

Beralih ke deodoran berbahan alami

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Sebagai wanita aktif Angela kerap menggunakan deodoran untuk menjaga kesegaran aroma tubuh. Namun untuk menerapkan hidup yang ramah lingkungan ia beralih dari deodoran biasa ke produk natural deodoran . Hal ini dilakukan karena deodorant spray yang terbuat dari bahan alami tidak mencemari lingkungan dan lebih aman untuk kulit.

Dalam sebuah unggahan reels di instagramnya, Angela Gilsha juga mengaku jika hanya di rumah saja ia akan memanfaatkan batu tawas sebagai deodoran alami. Batu tawas sendiri dikenal sebagai bahan alami yang memiliki kemampuan untuk menyerap keringat dan aroma bau badan terutama di bagian ketiak

Menggunakan reusable menstruation pads

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Pembalut sekali pakai juga menyumbang penimbunan sampah yang mengancam kelestarian lingkungan. karena tidak dapat terurai. Bukan itu saja, Ssampah bekas pembalut juga dapat menghasilkan gas metana yang berbahaya. Hal ini pun mendorong aktris kelahiran 2 Juli 1994 ini untuk beralih ke reusable menstruation pads .

Selain bisa mengurangi penumpukan sampah pembalut di TPA, menggunakan reusable menstruation pads juga diklaim lebih aman untuk kesehatan reproduksi wanita dan juga kulit. Pasalnya, sebagian besar pembalut sekali pakai mengandung bahan pemutih dan zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan iritasi kulit.

Menggunakan sampo dan sabun batangan

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Mayoritas sampo dan sabun dengan tekstur cair memiliki kandungan SLS atau detergen yang tak hanya bisa membuat kulit menjadi kering, tapi juga bisa mencemari air. Oleh sebab itu Angela Gilsha lebih memilih untuk menggunakan shampoo bar dari bahan alami yang lebih ramah lingkungan serta praktis karena juga bisa digunakan sebagai sabun mandi. Kemasan shampoo bar alami umumnya juga tidak menggunakan plastik, sehingga bisa mengurangi penggunaan limbah plastik.

Memakai kain atau handuk sebagai pengganti tisu

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Tahukah kamu jika tisu dibuat dari serat kayu? Semakin banyak tisu yang digunakan maka akan semakin banyak pohon yang ditebang. Untuk membantu melestarikan lingkungan kamu bisa mengurangi pemakaian tisu dengan mulai menggunakan kain atau handuk khusus seperti yang dilakukan seleb yang punya hobi diving ini. Angela mengaku bahwa ia menyediakan handuk khusus di kamar mandi untuk menyeka bagian tertentu.

Menggunakan sikat gigi bambu

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Dalam reels yang diunggah pada 30 Juni 2021 lalu, Angela Gilsha menjelaskan jika dirinya sudah sekitar 2 tahun ini tidak menggunakan sikat gigi yang terbuat dari plastik. Ia pun lebih memilih sikat gigi bambu yang lebih ramah lingkungan karena lebih mudah terurai maupun didaur ulang.

Menggunakan sikat gigi yang terbuat dari bambu juga ternyata memiliki kelebihan lainnya, lho. Sikat gigi ini diklaim juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, karena batang bambu dikenal memiliki sifat antimikroba yang secara alami dapat membatasi pertumbuhan bakteri pada mulut.

Membawa tumbler dan peralatan makan sendiri

intip-gaya-hidup-sustainble-ala-aktris-angela-gilsha

Dalam salah satu postingan instagramnya, sahabat Putri Marino ini mengatakan bahwa kemasan makanan styrofoam dan botol plastik juga menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan juga tubuh. Jadi meski mengaku sebagai orang yang anti ribet, tapi ia memutuskan untuk membawa tumbler dan tempat makan serta peralatan makan sendiri.

Hal tersebut dilakukan Angela Gilsha sebagai langkah nyata dalam membantu mengurangi pemakaian plastik. Kebersihan alat makan juga akan lebih terjamin ketika kamu membawa peralatan sendiri. Jadu kamu pun bisa lebih tenang untuk menyantap makanan.

Wah, membantu mengurangi efek kerusakan lingkungan bisa dilakukan dari hal-hal sederhana seperti yang dilakukan oleh Angela Gilsha di atas ya, ladies .

Sumber Cover

Topik Menarik