5 Rekomendasi Desa Wisata ala Sandiaga Uno, Nomor 3 Cocok Bagi yang Suka Petualangan

Gaya Hidup | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 20:35
5 Rekomendasi Desa Wisata ala Sandiaga Uno, Nomor 3 Cocok Bagi yang Suka Petualangan

JAKARTA - Indonesia memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Tidak semata indah, tetapi juga kaya akan budaya serta keunikan-keunikan lain yang tersimpan di dalamnya.

Seperti halnya desa-desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap desa wisata menyimpan pesonanya tersendiri.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba menjajal desa wisata, Anda bisa mengintip daftar rekomendasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno .

Melalui Instagram pribadinya, Sandiaga Uno membagikan rekomendasi lima desa wisata. Nah, apa saja sih? Berikut daftarnya, seperti dirangkum pada Minggu (9/1/2022).

1. Desa Wisata Arborek

Di urutan pertama ada Desa Wisata Arborek yang terletak di Raja Ampat, Papua. Destinasi yang satu ini menjadi salah satu dari 50 desa terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Di Desa Wisata Arborek ini bakal menawarkan Anda pemandangan pasir putih sekaligus keindahan bawah laut yang menawan.

Salah satu biota laut yang ada di sini yakni Pari Manta. Bila Anda ingin menyelam, akan ada para pemandu lokal yang sudah dapat pelatihan secara resmi, lho!

2. Desa Wisata Pujon Kidul

Selanjutnya adalah Desa Wisata Pujon Kidul. Desa wisata ini terletak di Malang, Jawa Timur. Salah satu yang menarik dari desa wisata ini yakni pemandangan sunrise yang bisa disaksikan di Bukit Nirwana.

Para pelancong juga akan diajak menikmati suasana hangat nan otentik di Kampung Budaya. Di tempat itu, para wisatawan bisa melakukan ragam kegiatan menarik seperti membuat aneka olahan susu, membuat batik tulis, topeng, hingga bermain gamelan dan belajar tarian tradisional.

3. Desa Wisata Selasari

Di urutan berikutnya ada Desa Wisata Selasari. Desa ini terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Destinasi yang satu ini terkenal dengan wisata alam dan budaya.

Salah satu yang patut Anda coba adalah kegiatan river tubing, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam, menjelajahi sungai, berpetualang melintasi jeram, memasuki gua, dan melintasi air terjun. Cocok bagi yang suka petualangan!

4. Desa Wisata Cisande

Desa Wisata Cisande merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Di sini terkenal dengan wisata berbasis edukasi peternakan. Di Desa Wisata Cisande, para pelancong bisa melakukan ragam kegiatan seru.

Misalnya, belajar budidaya ikan hias, ikan lele, menghias layang-layang, caping, menanam padi, hingga berkegiatan outbond. Seru banget untuk liburan bersama keluarga, lho!

5. Desa Panglipuran

Terakhir ada Desa Panglipuran. Bila Anda liburan di Bali, jangan lupa mampir ke desa wisata yang satu ini. Sebab, Desa Panglipuran merupakan desa adat yang menjadi primadona pariwisata di Bali.

Bagaimana tidak, desa wisata ini telah dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia dan banyak meraih penghargaan. Wow!

Artikel Asli