Review Jujur Kingdom Hearts 3: Menunggu Lama Tetapi Belum Matang

Gaya Hidup | nawalakarsa.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 15:13
Review Jujur Kingdom Hearts 3: Menunggu Lama Tetapi Belum Matang

Setelah menanti kurang lebih menanti kurang lebih 6 tahun sejak pertama kali Sony umumkan kepada publik, akhirnya Kingdom Hearts 3 (KH3) hadir di PS4 dan Xbox One pada Januari 2019.

Dan walaupun gim telah menerima banyak apresiasi dan perhagaan. Kami sebagai penulis merasa KH3 merupakan gim yang masih belum matang yang Square Enix rilis secara terburu buru.

Berikut adalah beberapa poin penjelasan yang kami harap Square Enix akan perbaiki dan kembangkan di masa depan.

Namun sebelum kita lanjut, perlu kami peringati bahwa ulasan ini penuh dengan SPOILER! Jadi harap membaca dengan bijak ya NawaReaders!

Pemilihan Dunia Yang Mengherankan

kh3 goofy sora
Gambar: Windows Central | 2019 Disney, SQUARE ENIX

Cerita dari Kingdom Hearts 3 melanjuti dari gim Spin-off yaitu Kingdom Hearts: Dream Drop Distance .

Sora bersama dengan teman temannya mengunjungi dunia dunia untuk berlatih dalam mempersiapkan pertarungan terakhir dengan karakter antagonis utama yaitu Xehanort.

Poin pertama yang menjadi pertanyaan penulis adalah pilihan dunia yang ada, yang merupakan dunia yang berdasarkan dari cerita Disney dan Square Enix .

Beberapa dunia yang ada dalam KH3 secara keseluruhan merupakan dunia baru yang belum pernah Sora datangi sebelumnya. Seperti dunia Toy Story , Frozen, Big Hero 6, Tangled, dan Monsters Inc.

Sutradara gim, Tetsuya Nomura mengatakan bahwa dunia dunia yang ada dalam Kingdom Hearts terpilih karena signikasi mereka dengan cerita .

Namun, penulis tidak melihat adanya signifikasi yang jelas sampai akhir gim. Tentunya penulis heran terhadap keputusan ini karena Square Enix tidak mengikutsertakan dunia Hollow Bastion.

Sebuah dunia berisi dengan karakter yang memiliki peran penting dalam berbagai cerita gim Kingdom Hearts sebelumnya.

Square Enix pun juga membuat dunia menjadi lebih besar daripada yang sebelumnya, dengan menelusuri satu kawasan penulis estimasi mencakup waktu kurang lebih 20 30 menit daripada gim sebelumnya yang 5 10 menit.

Tetapi dunia yang terkesan open world ini justru menjadi kekurangan. Karena dengan ruangan yang besar, terdapat beberapa area yang kosong sehingga membuat dunia yang ada terasa hampa.

Pilihan Karakter Musuh Yang Random

kh3 organization XIII
2019 Disney SQUARE ENIX

Poin kedua mengenai cerita dari Kingdom Hearts yang masih kurang pas adalah karakter karakter musuh yang ada.

Terdapat 13 karakter musuh yang merupakan bagian dari Organization XII , organisasi jahat yang Xehanort buat untuk mencapai tujuannya.

Dan memang perlu kami koreksi bahwa gim telah menjelaskan alasan karakter karakter ini terpilih pada gim sebelumnya yaitu Dream Drop Distance .

Namun, yang membuat karakter karakter ini menjadi random adalah peran mereka dalam dunia dunia yang ada di KH3 .

Kurang lebih hanya setengah dari 13 karakter yang telihat di dunia dunia yang ada, dengan karakter yang lain hanya akan kita temui dan lawan pada dunia terakhir.

Dan karakter musuh yang terlihat di tengah cerita pun tidak memiliki tujuan yang jelas. Maka juga dengan melihat pemilihan dunia, penulis merasa bahwa beberapa dunia dan karakter yang ada hanyalah filler .

Plus Dan Minus Dari Gameplay Dan Fitur

kingdom hearts gameplay
Gambar: SobatGame | Disney/Pixar, 2019 SQUARE ENIX

Tentu di luar dari review kurang manis yang kami jelaskan mengenai gim, penulis mengapresiasi pembawaan sistem permainan baru yang menyenangkan dalam KH3 .

Sistem perubahan Keyblade menjadi tipe senjata yang lain merupakan sistem yang seru dengan adanya gitu atraksi yang mendampingi.

Namun lama kelamaan sistem ini pun terasa membosankan keyblade yang memiliki tipe senjata yang sama. Sangat sayang sekali bahwa terdapat jumlah Keyblade yang lebih sedikit daripada gim gim sebelumnya.

Kami juga melihat bahwa terdapat beberapa fitur yang tidak termasuk dalam gim utama dan akhirnya menjadi bagian dari DLC seperti Data Battles .

Kami rasa seharusnya fitur fitur tersebut termasuk dalam gim utama.

Penilaian Akhir Untuk Gim

kingdom hearts gim
Gambar: eurogamer.net | 2019 SQUARE ENIX

Akhir kata, kami merasa Kingdom Hearts 3 merupakan gim yang bagus bagi kebanyakan pemain yang lebih menyukai gameplay dan masih awam terhadap cerita dari Kingdom Hearts .

Dan kami memahami bahwa Tetsuya menyampaikan bahwa dia dengan timnya harus membuat gim dari awal karena penggantian game engine .

Namun hal ini bukan berarti mereka seharusnya merilis gim yang mereka ketahui masih belum siap baik dari sisi cerita ataupun fitur fiturnya.

Maka melihat dari penjelasan yang kami sudah berikan, kami harus memberika poin 6/10 untuk Kingdom Hearts 3 .

&
Artikel Asli