Kisah Anjing Selamatkan Nyawa Majikannya saat Mendaki Gunung

Gaya Hidup | okezone | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 14:30
Kisah Anjing Selamatkan Nyawa Majikannya saat Mendaki Gunung

SEEKOR anjing berusia delapan bulan menyelamatkan nyawa majikannya bernama Grga Brkic dari suhu dingin saat mendaki gunung di Kroasia.  Anak anjing itu terus menghangatkan tubuh majikan yang tak bisa bergerak karena terluka selama 13 jam sehingga tak sampai hipotermia.

Anjing Malamute Alaska itu membuat Grga Brkic tetap hangat selama 13 jam. Dia dalam kondisi beku setelah terluka saat mendaki gunung.

Melansir dari News.com.au, Minggu (9/1/2022), Brkic awalnya jatuh saat mendaki di pegunungan Kroasia. Celakanya, ia terluka dan tak bisa bergerak.

Tim penyelamat yang terdiri dari 30 orang akhirnya menemukan pria itu pada ketinggian hampir 1.800 meter di atas permukaan laut. Dia ditemukan bersama dengan anjingnya, North, yang meringkuk di sekitar Brkic.

Ilustrasi

Anjing North menghangatkan tubuh Grga Brkic selama 13 jam (Facebook)

Panas tubuh anjing sangat penting dalam melindungi Brkic dari hipotermia. Hipotermia sendiri dapat menyebabkan gagal jantung dan sistem pernapasan total.

Sebuah postingan yang dibagikan oleh Layanan Penyelamatan Gunung Kroasia (HGSS) memuji anak anjing yang menyelamatkan nyawa manusia.

"Persahabatan dan cinta antara manusia dan anjing tidak mengenal batas," katanya. "Bersama di saat-saat bahagia dan sulit, begitulah hidup."

"North lewat tanpa cedera, tetapi temannya, seorang pendaki gunung muda, tidak seberuntung itu. Dia meringkuk di sampingnya dan menghangatkannya dengan tubuhnya. Dari contoh ini kita semua bisa belajar tentang kepedulian satu sama lain," lanjutnya.

Artikel Asli