Selain Cara Tradisional Kerokan, Konsumsi Bawang Putih Bisa Atasi Masuk Angin, Bagaimana Caranya?

Gaya Hidup | jatimtimes.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 10:16
Selain Cara Tradisional Kerokan, Konsumsi Bawang Putih Bisa Atasi Masuk Angin, Bagaimana Caranya?

JATIMTIMES - Bagi sebagian orang, cuaca dingin atau berada di suatu tempat yang dingin akan menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satunya yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah masuk angin.

Biasanya, penderita masuk ingin ini ditandai dengan kondisi tubuh meriang hingga tenggorokan yang sakit. Meski, sejatinya, di dunia medis masuk angin tak disebutkan. Sebab, dikenal sebagai commond cold.

Penderita gangguan kesehatan ini, di Indonesia dikenal dengan cara tradisional 'kerokan'. Banyak masyarakat yang merasa lebih cepat sembuh dengan memanfaatkan hal itu.

Dikutip dari kanal YouTube SB30 Health, dr Sung membenarkan, jika aktivitas kerokan memang ampuh mengatasi rasa tidak enak di badan. Tapi, caranya pun dianjurkan agar jangan sampai melukai kulit hingga berdarah.

Hal lainnya, disebutkan dr Sung, adalah dengan mengonsumsi bahan alami. Bahan ini ampuh mengobati badan meriang akibat masuk angin. Yaitu, mengonsumsi bawang putih.

Putih, mungil dan biasa digunakan untuk tambahan bumbu dapur, rupanya Bawang putih mengandung sat yang efektif untuk kesehatan. Yaitu, zat Allicin yang secara alami mengandung anti bakteri, anti virus dan anti jamur.

Terdapat juga senyawa diallyl sulfide dalam bawang putih, di mana lebih efektif melawan bakteri ketimbang sejumlah antibiotik di pasaran. Suplemen bawang putih dikenal sebagai cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Studi menyebut, mengonsumsi ekstrak bawang putih dengan dosis 2,56 gram per hari dapat mengurangi rentang waktu pilek, masuk angin, atau flu sebesar 61 persen.

Namun, cara mengonsumsinya bukan layaknya bawang goreng untuk hidangan di setiap masakan. Melainkan, dengan cara mengiris bawang putih. Kemudian digerus sampai halus, lalu dikonsumsi.

Artikel Asli