Ini Sederet Cara agar Resolusi Tahun Barumu Tak Berhenti di Tengah Jalan

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 10:00
Ini Sederet Cara agar Resolusi Tahun Barumu Tak Berhenti di Tengah Jalan

Tahun baru memang menjadi waktu yang cukup ideal untuk membuat resolusi. Meski begitu, tak jarang resolusi yang sudah dibuat terlupakan begitu saja dan berhenti di tengah jalan. Tentu bukan tanpa asalan, ada banyak faktor yang dapat membuatmu lupa atau menyerah dengan resolusi yang sudah dibuat. Mungkin kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini agar resolusi tahun baru tak hanya berhenti sampai di tengah jalan! Yuk, simak!

Buat motivasi yang jelas dan susun resolusi yang spesifik

Sumber: Inc. Magazine

Banyak orang membuat resolusi kurang mendetail, ingin lebih sehat, ingin kaya, ingin ini, dan itu. Pada kenyataannya daftar resolusi yang terlalu luas itu akan lebih sulit diwujudkan. Maka, kamu perlu menjabarkannya lebih detail. Contohnya, jika ingin lebih sehat, kamu bisa membuat resolusi seperti mengganti pola makan menjadi plant-based atau melakukan workout seminggu tiga kali.

Kamu juga perlu menjabarkan detail alasan kamu ingin hidup lebih sehat sebagai motivasi. Mungkin karena kamu sudah merasa mudah lelah beberapa tahun terakhir atau daya tahan tubuh mudah turun. Dengan motivasi yang jelas dan resolusi yang spesifik, kamu akan bisa lebih konsisten untuk mempraktikkannya.

Mulai dari langkah kecil

Sumber: The Health AGE

Perlu diingat, kamu tak akan langsung terbiasa menjalani resolusi yang kamu buat. Maka, mulailah dengan langkah kecil. Jika langsung membuat langkah yang besar, kamu cenderung akan mudah lelah dan tidak bisa menikmati prosesnya. Misalnya resolusi untuk hidup lebih sehat dengan mengganti pola makan plant-based.

Kamu pasti akan mengawali kesulitan di awal. Oleh karena itu, kamu bisa lebih kompromi dengan cara setidaknya sekali dalam sehari piring makanmu hanya berisi makanan plant-based. Jika sudah mulai terbiasa, lama-lama kamu bisa menikmati pola makan tersebut, bahkan tanpa ada cheating day sekalipun. So, coba mulai dari langkah kecil, ya!

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Fokus pada proses, bukan hasil

Sumber: HuffPost

Tips satu ini berkaitan dengan konsep mindfulness. Kamu harus bisa mentaur mindset untuk bisa lebih fokus pada proses dibanding hasil dari resolusimu. Ketika fokus pada proses, kamu pun bisa lebih menikmatinya tanpa berpikir bahwa resolusi tersebut hanya keharusan yang terpaksa kamu lakukan. Jika berfokus pada hasil, maka kamu membentuk ekspektasi sendiri di luar kendalimu.

Ketika memiliki resolusi hidup lebih sehat dengan mengganti pola makan menjadi plant-based, maka belajarlah untuk terbiasa dan coba nikmati setiap makanan yang kamu makan. Cobalah menu-menu plant-based baru yang bisa membangkitkan semangatmu. Hindari untuk membuat ekspektasi bahwa langsung akan ada banyak perubahan positif ketika beralih menjadi plant-based. Kenyataannya prosesnya tak sebentar dan hasilnya tak instan.

Jangan ragu untuk mencari dukungan dari pihak eksternal

Sumber: HelloGiggles

Komitmen dan niat terbesar memang datang dari dalam diri sendiri. Tapi, ada kalanya muncul pikiran-pikiran untuk menyerah dalam merealisasikan resolusi tersebut. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika kamu hendak mencari dukungan dari luar dirimu atau pihak eksternal.

Berbicaralah pada orang yang kamu percaya dan minta bantuannya untuk meyakinkanmu kembali akan resolusi tersebut. Bahkan, akan lebih baik lagi jika sejak awal kamu bisa menceritakan resolusi tersebut dengan orang terdekat, agar mereka bisa ikut terus mendukungmu. Lingkungan sekitarmu tentu memiliki andil yang cukup besar untuk membantu merealisasikan resolusimu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar resolusi tahun baru yang telah dibuat tak dilupakan begitu saja. Jadi, apa resolusimu tahun ini?


Artikel Asli