4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengintai Keluarga, Setop Kebiasaan Jemur Baju Dalam Rumah Moms!

Gaya Hidup | herstory | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 10:00
4 Penyakit Berbahaya Ini Bisa Mengintai Keluarga, Setop Kebiasaan Jemur Baju Dalam Rumah Moms!

Moms, mungkin enggak sedikit di antara kamu yang memiliki kebiasaan menjemur baju di dalam rumah. Apalagi kalau sudah masuk musim penghujan, menjemur baju di dalam rumah dinilai sebagai salah satu langkah yang cukup efektif.

Tapi tahu enggak sih Moms, menjemur baju di dalam rumah bisa menjadi sumber penyakit lho! Membiarkan pakaian basah digantung di dalam rumah, hanya akan menciptkan lingkungan yang lembap.

Kondisi itu juga memudahkan jamur dan bakteri berkembang biak lebih cepat. Walhasil, hal ini bisa memicu beragam penyakit berbahaya yang bisa saja menyerang anggota keluarga.

Berikut HerStory rangkum dari berbagai sumber, jenis penyakit berbahaya yang dipicu oleh kebiasaan jemur di dalam rumah.

Paru-paru basah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, baju yang dijemur di dalam ruangan secara enggak langsung akan menyebabkan kelembapan. Baju basah yang digantung bisa memicul munculnya spora, jamur bahkan tungau debu.

Lebih gawatnya lagi, bakteri tersebut akan berkembang walau baju sudah enggak dijemur lagi. Dengan adanya bakteri tersebut, kembungkinan keluarga bisa terserang penyakit asmara.

Bahkan kabar buruknya, juga bisa menimbulkan penyakit paru-paru basah jika kelembapan udara sudah terlalu parah.

Memicu kanker

Kondisi terburuk lainnya ialah dapat memicu kanker. Apalagi kalau menjemur baju dengan keadaan menambahkan banyak pewangi saat mencucinya.

Zat cairan pada pewangi pakaian sama berbahayanya dengan zat detergen. Memang sih harumnya bikin mau menghirup berulang kali. Tapi, hal tersebut justru enggak bagus untuk kesehatan pernafasan.

Bahakn kiam acetaldehyde yang terkandung dalam pewangi pakaian dapat memicu kanker dalam tubuh. Bayangkan Moms, bila kamu membiarkan pakaian basah menggantung di dalam rumah, zat tersebut bisa masuk ke pernafasan dan menimbulkan penyakit berbahaya.

Macam-macam alergi

Masalah yang satu ini bisa muncul karena zat yang ada pada detergen masih menempel pada baju. Sehingga, kamu dan keluarha secara enggak langsung menghirup zat tersebut sampai pakaian kering.

Nah, dari senyawa yang terhirup itu bisa memicu alergi yang berujung dengan penyakit di bagian sistem pernafasan. Contohnya adalah bronkitis, sinusitis dan lain sebagainya.

Bagi Moms yang punya anak kecil di rumah, harus berhati-hati nih. Sebab, alergi seperti ini sangat cepat untuk menyerang anak-anak.

Kekebalan tubuh menurun

Pengaruh buruk lainnya adalah bisa membuat kekabalan tubuh menurun drastis.Sel T merupakan komponen paling penting dalam sistem imunmu.

Apabila sel tersebut terganggu maka daya tahan tubuh akan terganggu dan terus menurun. Alhasil, kamu akan rentan terkenan berbagai macam penyakit.

Salah satunya penyakit yang sedang marak di berbagai negara seperti Virus Corona.

Duh negeri banget enggak sih Moms? Mulai sekarang jangan biarkan pakaian basah menggantung di dalam rumah ya!

Artikel Asli