Ayat Alquran tentang Motivasi Hidup, Arti, Makna

Gaya Hidup | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 07:59
Ayat Alquran tentang Motivasi Hidup, Arti, Makna

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak ayat Alquran tentang motivasi hidup bagi manusia yang memang diciptakan dengan sifat keluh kesah, takut dan sedih.

Sifat-sifat tersebut kerap dialami seseorang ketika sedang ditimpa musibah, bencana atau kesulitan hidup yang dialaminya.

Namun jika diberikan kenikmatan, manusia kerap lupa kepada siapa yang telah memberikan kenikmatan hidup.

Padahal, manusia diciptakan sejatinya tidak lain untuk beribadah kepada Allah SWT.

Berikut ayat Alquran tentang motivasi hidup yang perlu dipahami dan direnungkan:

1. Surat At Taubah ayat 40, Jangan Bersedih

Artinya: Jika kamu tidak menolongnya (Muhammad), sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir mengusirnya (dari Mekah); sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita. Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan firman Allah itulah yang tinggi. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.

Makna:

Dalam ayat ini mengajarkan bahwa manusia beriman (Muslim) tidak boleh bersedih dan takut karena pertolongan Allah bagi hamba-Nya pasti akan datang.

2. Surat Yusuf ayat 87, Larangan Berputus As

"

Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir." (QS. Yusuf: 87).

Makna:

Dalam ayat ini, manusia yang beriman harus optimistis dan tidak boleh berputus asa dalam berusaha. Sebab, Rahmat Allah sangat luas.

3. Surat Ali Imran ayat 139

Artinya: Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (QS. Ali Imran: 139

4. Surat Ath Thalaq ayat 2-3

Artinya:

Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Ath-Thalaq: 2-3)

Maksudnya, barang siapa yang bertakwa kepada Allah dalam semua apa yang diperintahkan kepadanya dan meninggalkan semua apa yang dilarang baginya, maka Allah akan menjadikan baginya jalan keluar dari urusannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Yakni dari arah yang tidak terdetik dalam hatinya.

5. Surat Adz Dzariyat ayat 56

Artinya: Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Maknanya Allah SWT menciptakan manusia untuk memerintahkan kepada mereka supaya hanya beribadah kepada Allah bukan kepada selain-Nya.

6. Surat Al An'am ayat 165

Artinya: Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa dibumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikanNya kepadamu. Sesungguhnya Rabbmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Maknanya:

Dialah (Allah) yang menjadikan kalian meramaikan bumi generasi demi generasi, kurun demi kurun, dan yang sudah lanjut diganti oleh penerusnya.

7. Surat Ali Imran ayat 110, Perintah Beramar Ma'ruf

Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang maruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.

8. Surat Al Furqon ayat 71

Artinya: Dan orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.

Maknanya:

Allah SWT menerima taubat bagi hamba-Nya yang benar-benar bertaubat dari kesalahan dan dosa-dosanya. Karena itu, janganlah berputus asa dari rahmat Allah yang Maha penerima taubat.

9. Surat Al Bayyinah ayat 5

Artinya: Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam(menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan meunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.

10. Surat Al Ashr ayat 3

Artinya: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

Maknanya:

Orang-orang beriman dan hatinya bersih serta mengerjakan perbuatan baik, saling berwasiat dalam kebenaran dan kesabaran. Mereka itulah orang-orang yang tabah menghadapi musibah dan malapetaka serta gangguan yang menyakitkan dari orang-orang yang ia perintah melakukan kebajikan dan ia larang melakukan kemungkaran.

Demikian tadi pembahasan ayat Alquran tentang motivasi hidup bagi manusia.

Wallahu A'lam.

Artikel Asli