Tak Sekadar Keharusan Merawat Kulit, Ini Cara untuk Menerapkan Metode Mindful Skin Care

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 07:00
Tak Sekadar Keharusan Merawat Kulit, Ini Cara untuk Menerapkan Metode Mindful Skin Care

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa seseorang bisa sangat rajin dan menikmati rutinitas skin care? Well, tanpa disadari seseorang itu ternyata sedang menerapkan konsep mindfulness ketika merawat diri. Jika biasanya melakukan skin care routine hanya karena keharusan, dengan metode mindful skin care ini kita mencoba lebih memperhatikan serta fokus ke setiap detail dan langkah ketika merawat diri. Dengan begitu, kita bisa lebih menikmatinya. Nah, berikut beberapa cara untuk menerapkan metode mindful skin care!

Perhatikan kondisi kulit dan pilih produk yang sesuai

Sumber: StyleCaster

Sebelum memulai rutinitas skin care, ada baiknya kamu benar-benar memperhatikan kondisi kulit. Pada tahap ini, kamu bisa melihat perubahan positif maupun negatif. Mungkin tiba-tiba muncul kerutan di beberapa area atau mungkin jerawat yang mulai mereda. Setelah memperhatikan kondisi kulit dengan saksama, kamu bisa menentukan produk apa yang sedang dibutuhkan kulitmu.

Kamu tak harus terpaku dengan rutinitas skin care beragam tahapan. Menggunakan basic skin care, dengan treatment sesuai kebutuhan sudah cukup. Mulai dari double cleansing dengan pembersih serta sabun muka yang gentle, pelembap, sunscreen. Ketika malah hari, kamu bisa menambahkan serum atau produk treatment lain sesuai masalah kulit. Hindari memilih produk secara impulsif yang tak sesuai dengan jenis maupun kondisi kulitmu.

Gunakan skin care secara perlahan

Sumber: InStyle

Seperti konsep mindfulness , dalam menerapkan metode mindful skin care kita juga perlu sadar akan setiap langkah dalam menggunakan produk. Aplikasikan produk secara perlahan, mulai dari menuangkannya ke telapak tangan, merasakan teksturnya, mencium aromanya, lalu mengaplikasikan dan memijatnya dengan lembut pada wajah.

Setiap langkah perlu kamu sadari dan rasakan, agar rutinitas ini bisa lebih menyenangkan dan dapat dinikmati. Maka dari itu, kamu pun perlu menyiapkan waktu yang cukup untuk menerapkan metode mindful skin care ini agar tak terburu-buru.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Bangun suasana yang mendukung untuk melakukan metode mindful skin care

Sumber: The Touch of Dimple

Agar pengalaman skin care routine terasa lebih mindful , kamu bisa membangun suasana yang mendukung. Mungkin dengan menyalakan lilin aromaterapi dan diiringi dengan musik-musik yang menenangkan. Pada tahap akhir, kamu juga bisa bermeditasi sembari menggunakan sheet mask lalu menyediakan minuman hangat, seperti teh herbal. Sudah terbayang betapa menyenangkannya rutinitasi skin care kamu kali ini, bukan?

Mengamati setiap perubahan kondisi kulit

Sumber: Eminence Organic Skin Care

Tak berhenti pada saat proses menggunakan produk saja, kamu juga bisa lebih sadar akan efek perubahan kondisi kulit sekecil apapun. Contohnya, ketika malam hari kamu sudah mengaplikasikan beragam produk, saat bangun pagi kamu bisa melihat kondisi kulit lewat cermin.

Dengan keadaan tangan yang bersih, mungkin kamu bisa merasakan kulitmu jauh lebih lembap atau kenyal. Kamu pun bisa mengamati produk mana yang lebih efektif merawat masalah kulitmu. Dengan begitu, nantinya kamu tak akan sia-sia dalam menggunakan produk skin care.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan metode mindful skin care. Menarik banget untuk dipraktikkan, ya!


Artikel Asli