Apa Faktor Risiko Tumor Otak?

Gaya Hidup | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 14:09
Apa Faktor Risiko Tumor Otak?

TUMOR menjadi salah satu penyakit yang kerap dialami masyarakat. Tumor otak memiliki banyak jenis, beberapa bersifat non-kanker (jinak), dan beberapa tumor otak bersifat kanker (ganas). Tumor otak terjadi karena adanya massa pertumbuhan abnormal pada otak.

Merangkum dari Mayo Clinic, Kamis (6/1/2021) tumor otak sekunder (metastasis) adalah tumor yang dihasilkan dari kanker yang dimulai di tempat lain pada tubuh seseorang dan menyebar (bermetastasis) ke otak seseorang.

gejala tumor otak

Tumor otak sekunder paling sering terjadi pada orang yang memiliki riwayat kanker. Tumor otak metastatik mungkin merupakan tanda pertama kanker yang dimulai di tempat lain pada tubuh seseorang. Pada orang dewasa, tumor otak sekunder jauh lebih umum daripada tumor otak primer.

Kanker apa pun dapat menyebar ke otak, tetapi jenis yang umum termasuk:

1. Kanker payudara

2. Kanker usus besar

3. Kanker ginjal

4. Kanker paru-paru

5. Melanoma

Pada kebanyakan orang yang menderita tumor otak primer, penyebab tumor tidak jelas. Tetapi dokter telah mengidentifikasi beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko tumor otak. Faktor risiko tersebut meliputi:

1. Paparan radiasi

Orang yang telah terkena jenis radiasi yang disebut radiasi pengion memiliki peningkatan risiko tumor otak. Contoh radiasi pengion termasuk terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker dan paparan radiasi yang disebabkan oleh bom atom.

2. Riwayat keluarga tumor otak

Sebagian kecil tumor otak terjadi pada orang dengan riwayat keluarga tumor otak atau riwayat keluarga dengan sindrom genetik yang meningkatkan risiko tumor otak.

Artikel Asli