7 Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:44
7 Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami

Komedo bisa muncul di area wajah dan mungkin bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang. Komedo merupakan benjolan kecil pada pori-pori kulit, yang disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati dan minyak (sabum) di area tersebut.

Saat ini banyak produk kecantikan yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo. Namun, sejumlah bahan alami yang ada di sekitar kita, dapat menjadi pilihan alternatif sebagai cara menghilangkan komedo. Khususnya komedo hitam pada pori-pori kulit.

Sejatinya komedo hitam adalah komedo yang mengalami perubahan warna menjadi kecoklatan atau kehitaman karena permukaannya tidak tertutup lapisan kulit. Komedo ini umumnya akan sangat mengganggu penampilan seseorang.

Untuk mengatasi komedo hitam, Anda bisa memakai sejumlah bahan alami seperti lidah buaya. Kandungan nutrisinya sangat efektif dan bisa menjadi cara menghilangkan komedo hitam paling ampuh.

Selain lidah buaya, masih banyak lagi bahan alami untuk menghilangkan komedo. Dihimpun dari sejumlah sumber, berikut cara menghilangkan komedo menggunakan bahan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Cara Menghilangkan Komedo Menggunakan Bahan Alami

Dilansir dari Alodokter , komedo disebabkan oleh adanya sumbatan pada pori-pori kulit. Komedo ini biasanya disebut dengan komedo putih dan area permukaannya tertutup lapisan kulit. Sedangkan, bila komedo tersebut tidak tertutup permukaannya maka akan berubah warna menjadi kehitaman.

Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa muncul di area kulit lainnya. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup bersih. Lakukan kebiasaan mencuci muka secara teratur karena komedo dapat terjadi karena adanya penyumbatan folikel rambut oleh akumulasi dari debris sel kulit dan minyak.

Jika komedo sudah terlanjur ada di wajah Anda, sejumlah bahan alami berikut ini mungkin bisa menjadi metode atau cara menghilangkan komedo yang efektif. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya (Pixabay/endriqstudio)

Sudah sejak lama lidah buaya dipercaya mempunyai segudang manfaat untuk kulit, termasuk bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk cara menghilangkan komedo. Tanaman yang dikenal dengan sebutan Aloe vera ini, memiliki antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas.

Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang memiliki komedo. Perlu diingat, agar hasilnya maksimal cara ini harus dilakukan dengan rutin.

Selain bisa menghilangkan komedo, lidah buaya mengandung sejumlah nutrisi penting yang baik bagi kesehatan kulit Anda. Melansir dari Lifebuoy.co.id , lidah buaya memiliki kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi. Kemudian, kandungan vitamin E di dalamnya bisa meningkatkan imunitas kulit dan reproduksi.

Selain itu sifat antioksidan lidah buaya bisa melindungi kulit dari sinar UV. Lidah buaya juga mengandung enzim Bradykinase berfungsi sebagai zat antiinflamasi.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk (Pixabay)

Merujuk dari situs Klikdokter.com , kulit jeruk mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo di wajah.

Kulit jeruk juga bersifat sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Sedangkan manfaat vitamin C di dalam kulit jeruk, dianggap mampu membantu menjaga kesehatan kulit.

Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan cara mengoleskan atau menempelkan kulit jeruk pada area komedo. Sebagai bahan alami, kulit jeruk cukup aman jika Anda memakainya.

3. Baking Soda dan Lemon

Lemon untuk wajah (Pexels)

Lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin ini sangat bermanfaat karena menutrisi dan membersihkan pori-pori kulit, yang menjadi tempat munculnya komedo.

Dilansir dari Honestdocs.id , campuran baking soda dan lemon bisa Anda gunakan sebagai metode atau cara menghilangkan komedo di wajah yang cukup aman. Sebab selain lemon, baking soda diketahui kemampuan eksfoliating yang dapat mengangkat sel kulit mati.

4. Bubuk Kopi

PERMINTAAN BUBUK KOPI TRADISIONAL MENURUN (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.)

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut soal ini, namun penggunaan bubuk kopi untuk perawatan kulit wajah sudah mulai banyak dilakukan oleh sejumlah orang. Bahkan, beberapa di antaranya memakai bubuk kopi sebagai cara menghilangkan komedo.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan bubuk kopi yang sudah dicampur air ke wajah Anda. Tunggu beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Sebagai catatan bubuk kopi yang bisa Anda pakai, adalah kopi bebas gula. Ini lebih menyehatkan untuk wajah Anda.

5. Madu

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh (ROMAN ODINTSOV/Pexels)

Cara menghilangkan komedo berikutnya yang bisa Anda coba adalah memakai madu. Menurut Healthline, madu mengandung berbagai bahan kimia yang bertindak sebagai antioksidan . Beberapa jenis madu memiliki antioksidan sebanyak buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan.

Sejumlah penelitian sudah menemukan fakta bahwa madu dapat membunuh bakteri dan jamur yang tidak diinginkan. Madu secara alami mengandung hidrogen peroksida, antiseptik. Bahan ini bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo yang membandel di area wajah Anda.

6. Jeruk Nipis

irisan jeruk nipis (Lovefood Art/pexels.com)

Sama halnya dengan jenis buah jeruk lainnya, jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karenanya buah ini cocok Anda gunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Anda bisa merebus perasan jeruk nipis dan memasukkannya ke dalam lemari pendingin. Perasan yang sudah menjadi es batu itu bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo.

7. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit ( EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels)

Masih mengutip dari Klikdokter, bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan komedo di wajah yaitu teh hijau. Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di wajah dan juga bisa membersihkan komedo.

Apabila sejumlah cara menghilangkan komedo di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba pengobatan komedo lainnya. Dikutip dari Alodokter.com , misalnya menggunakan krim benzoyl peroxide yang dijual bebas. Namun produk krim ini hanya bukan solusi untuk masalah komedo yang Anda alami.

Langkah yang tepat yang harus Anda lakukan adalah datang dan berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit dapat memberikan saran sekaligus penanganan, serta cara menghilangkan komedo yang aman untuk Anda.

Artikel Asli