Cara Membuat Kerapu Steam Saus Hong Kong, Enak dan Bisa Cerdaskan Otak

Gaya Hidup | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:47
Cara Membuat Kerapu Steam Saus Hong Kong, Enak dan Bisa Cerdaskan Otak

JAKARTA, iNews.id - Kerapu merupakan salah satu ikan laut yang digemari banyak orang. Biasanya, ikan kerapu paling enak dimasak dengan cara digoreng atau steam.

Kali ini, Anda bisa menjajal membuat kerapu steam. Selain sehat, rasanya juga enak. Apalagi disajikan dengan saus Hong Kong yang akan membuat siapa saja ketagihan mencicipi.

Sebelum memasak kerapu steam saus Hong Kong, ada baiknya Anda mengenal kandungan gizi yang ada di dalam ikan kerapu.

Ikan kerapu memiliki banyak khasiat. Kandungan gizinya tak kalah dengan ikan salmon. Kerapu mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak jenuh yang tinggi. Ikan ini bagus dikonsumsi pengidap jantung, hingga bagi Anda yang sedang diet.

Selain itu, kandungan gizi ikan kerapu dapat meningkatkan fungsi otak. Asam Amino Esensial dari Omega 3 dan Omega 6, bermanfaat meningkatkan aktivitas syaraf pada otak sehingga otak mengalami peningkatan kecerdasan.

"Selain digoreng atau dibakar, ikan kerapu juga enak dimasak dengan cara dikukus (disteam), apalagi klo ikannya fresh. Ikan kerapu steam saya masak pakai saus Hong Kong yang terkenal wangi & gurih trus biar ada rasa pedes2 saya tambahin pakai kecap asin + cabai rawit. Daripada beli di resto, lebih hemat & higienies klo bikin sendiri di rumah," tulis Instagram @ ernest.kitchen .

Penasaran membuat steam kerapu yang enak dan lezat? Berikut ulasannya dirangkum melalui Instagram @ ernest.kitchen , Kamis (6/1/2022).

Bahan:

1 ekor ikan kerapu
1 jahe, iris
2 batang daun bawang, potong

Kecap asin:

70 ml kecap asin
350 ml air
3-4 sdm gula
30 ml sake (bisa skip)
2 batang daun bawang, potong
1 batang akar dan batang daun ketumbar

Minyak panas:

70 ml minyak
1 jahe, potong

Garnish:

1 jahe, iris
3 batang daun bawang, iris
1 cabai merah, iris
2 batang daun ketumbar

Cara Membuat:

1. Untuk garnish, rendam irisan daun bawang dan cabai merah di dalam air dingin kemudian masukkan garnish di dalam kulkas.
2. Untuk kuah kecap asin, tumis daun bawang dan akar daun ketumbar dengan sedikit minyak kemudian glaze dengan sake, masak sebentar lalu masukkan air, kecap asin, gula masak hingga mendidih.
3. Bersihkan ikan, keringkan dengan tisu lalu sayat-sayat kedua sisi badan ikan. Siapkan piring tahan panas lalu letakkan daun bawang dan jahe kemudian taruh ikan di atasnya.
4. Siapkan panci dengan air mendidih, alasi dengan mangkuk tahan panas dan letakkan piring di atasnya kemudian kukus ikan selama 5-7 menit atau tergantung ukuran ikan.
5. Untuk minyak jahe, masak jahe dan minyak hingga jahe berwarna kecoklatan dan kering.
6. Sisihkan daun bawang di dasar piring kemudian siram dengan kuah kecap asin lalu beri garnish irisan daun bawang, cabai, dan jahe di atas ikan kemudian tuang minyak panas lalu beri garnish daun ketumbar di atasnya.
7. Ikan steam Hong Kong siap disajikan.

Artikel Asli