Vaksin 2 Dosis Potensi Melindungi dari Covid-19 Berat Akibat Omicron

Gaya Hidup | bisnis.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:46
Vaksin 2 Dosis Potensi Melindungi dari Covid-19 Berat Akibat Omicron

Bisnis.com , JAKARTA Kemampuan antibodi setelah vaksin Covid-19 ditemukan lebih rendah untuk melawan varian Omicron, sehingga memunculkan kekhawatiran di masyarakat.

Jangan terlalu khawatir. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 dua dosis tetap berpotensi melindungi dari Covid-19 berat, meskipun kadar antibodinya berkurang.

Dikutip dari akun Instagram @adamprabata, Kamis (6/1/2022), bahwa selain antibodi, sel limfosit T (sel T) adalah salah satu kekebalan yang dapat muncul setelah vaksinasi atau terkena Covid-19 secara alami.

Berdasarkan hasil penelitian Bartoletti, 2021, bahwa sel T berperan penting untuk melindungi orang yang sudah divaksinasi dari penularan Covid-19 berat.

Kekebalan sel T setelah vaksinasi dua dosis tetap mampu melawan varian Omicron.

Mengutip hasil penelitian Keeton, 2021, bahwa sekitar 70 persen hingga 80 persen kemampuan sel T setelah vaksinasi Covid-19 dua dosis masih bertahan untuk melawan varian Omicron.

Jadi, orang yang sudah mendapatkab vaksin Covid-19 dua dosis tetap memiliki imunitas sel T yang mampu melawan varian Omicron, sehingga tetap berpotensi untuk mencegah Covid-19 berat.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan

Artikel Asli