Hipertensi: Cuaca Dingin Bisa Bikin Tekanan Darah Meroket Drastis, Waspada!

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:17
Hipertensi: Cuaca Dingin Bisa Bikin Tekanan Darah Meroket Drastis, Waspada!

Beauty, penurunan suhu dapat memperburuk gejala banyak kondisi kesehatan. Kekebalan rendah, nyeri sendi dan asma, semua penyakit kesehatan ini muncul di musim dingin.

Masalah kesehatan lain yang mengganggu banyak orang di cuaca dingin adalah hipertensi . Ketika suhu mulai turun di luar ruangan, tingkat tekanan darah mereka yang sudah berurusan dengan masalah hipertensi melonjak. Dan, masalahnya lebih sering terjadi pada orang tua. Ini semakin meningkatkan risiko serangan jantung dan masalah jantung.

Mengapa cuaca dingin menyebabkan lonjakan tingkat tekanan darah ?

Cuaca dingin mempersempit pembuluh darah dan arteri. Karena itulah lebih banyak kekuatan diperlukan untuk mengangkut darah ke berbagai bagian tubuh. Akibatnya, tekanan darah meningkat.

Tekanan darah juga dapat terpengaruh karena perubahan cuaca yang tiba-tiba seperti kelembaban, tekanan atmosfer, awan atau angin. Variasi terkait cuaca dalam tekanan darah lebih sering terjadi pada orang di atas 65 tahun. Selain itu, penambahan berat badan di musim dingin dan kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan lonjakan tingkat tekanan darah.

Nah, selama musim dingin jika kamu melihat adanya perubahan pada tingkat tekanan darah segeralah hubungi dokter.

Dan dikutip dari Times of India, Kamis (6/1/2022), berikut adalah beberapa cara untuk mengembalikan tekanan darahmu kembali normal saat cuaca dingin. Lets check this out,Beauty!

1. Hindari alkohol dan kafein

Minum terlalu banyak alkohol selama musim dingin dapat membuat tubuh kehilangan panas dengan cepat. Otomatis, ini menurunkan suhu inti tubuh, sehingga akan membuatmu merasa lebih dingin.

Pada kondisi ini, pembuluh darah akan menyempit dan tekanan darah akan meningkat. Bahkan jika kamu tinggal di dalam ruangan sepanjang waktu, sangat penting untuk membatasi asupan alkohol dan kafein. Ingat, 2 cangkir kopi dan 1 gelas alkohol setiap hari sudah lebih dari cukup.

2. Berpakaian berlapis-lapis

Alih-alih mengenakan satu jaket tebal, cobalah untuk berpakaian berlapis-lapis. Berpakaian dengan cara ini dapat menjebak panas dan membuatmu merasa lebih hangat.

Saat kamu mengenakan satu jaket tebal, tubuh mudah kehilangan panas, sehingga membuatmu merasa lebih dingin dan meningkatkan tingkat tekanan darah. Gak cuma itu, cara ini pun ampuh untuk menjaga kulit dari kedinginan danmembantu mencegah kekeringan kulit.

3. Makan buah dan sayuran

Ingat Beauty, diet memainkan peran penting dalam mengelola tingkat tekanan darah . Makan makanan sehat dan bergizi dipercaya dapat menjaga gejala tekanan darah tetap terkendali.

Jika kamu sudah menderita masalah tekanan darah tinggi, cobalah untuk makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, produk susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak, ikan, dan biji-bijian dalam jumlah sedang.

4. Berolahraga dalam intensitas sedang

Nah, bagi kamu yang punya masalah tekanan darah tinggi , dianjurkan untuk berolahraga dalam intensitas sedang ya Beauty . Pasalnya, jika menempatkan terlalu banyak ketegangan pada tubuh maka dapat membuat tubuh lebih gerah lebih dari yang diperlukan, dan dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Artikel Asli