6 Cara Mudah Membuat Masker Kunyit agar Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya

Gaya Hidup | limone.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 03:16
6 Cara Mudah Membuat Masker Kunyit agar Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya

Pasti kamu sudah tidak asing ketika mendengar kata kunyit, yup kunyit yang sering kamu temukan di dapur. Meski sering digunakan sebagai bumbu masakan, namun kunyit juga dapat digunakan untuk merawat wajah kulit dengan membuat masker kunyit.

Yuk, simak manfaat bumbu dapar ini dan cek 6 cara membuat masker kunyit di rumah.

Manfaat Kunyit pada Wajah

Foto: www.freepik.com

Kunyit berpotensi untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi pada wajah. Iritasi dapat memperburuk dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Untuk itu kunyit sangat cocok digunakan sebagai masker wajah karena dapat menangani masalah-masalah pada kulit.

Mengurangi peradangan

Kurkuminoid merupakan senyawa aktif yang terkandung di dalam kunyit. Senyawa ini dapat membantu untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Selain itu kurkuminoid juga dapat membantu mengatasi peradangan yang dapat berhubungan dengan penyakit kulit lainnya.

Potensi anti-bakteri

Kunyit dapat mengobati dan mencegah bakteri pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat dan infeksi. Selain itu kunyit juga dapat membantu mengatasi kulit kering.

Perawatan pada kulit berjerawat

Dengan memiliki anti-inflamasi, kunyit dapat membantu dalam mengobati jerawat yang meradang. Selain itu, ekstrak dari kunyit juga bisa mengurangi warna gelap akibat bekas jerawat.

Kekuatan antioksidan

Tanaman kunyit mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang ingin menghancurkan sel-sel sehat pada kulit wajah. Kunyit juga dapat mencegah timbulnya hiperpigmentasi, memperbaiki bekas luka, dan masalah kulit lainnya.

Terdapat kemungkinan bahwa penggunaan kunyit yang diikuti dengan kebiasaan gaya hidup sehat dapat mengurangi potensi terkena kanker kulit.

Mengurangi hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi ditandai dengan adanya bercak hitam di kulit yang terlihat lebih gelap dari sekitarnya. Salah satu penelitian menemukan krim yang mengandung kunyit dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi hingga lebih dari 14% selama empat minggu.

Mengurangi Iritasi kulit

Bahan ini dapat mengurangi iritasi pada kulit dan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kurkuminoid dapat menjadi pereda iritasi yang berpotensial untuk perawatan kanker payudara.

Untuk perawatan kerutan

Sebuah studi menyarankan bahwa kunyit dapat digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Sehingga kunyit dapat memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan kerutan.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health, kunyit dianggap aman bila digunakan secara utuh ataupun diolah.

Selain itu, untuk perawatan wajah, kunyit juga tidak menimbulkan efek samping, namun dianjurkan untuk melakukan uji coba sebelum menggunakannya pada seluruh wajahmu.

Ketika ingin melakukan uji coba, kamu dapat membuat masker kunyit dan mengoleskannya ke lengan. Kemudian tunggu hingga satu hari, jika tidak ada reaksi yang muncul maka kemungkinan akan aman bagi kulitmu.

Namun jika muncul kemerahan, gatal, dan bengkak ketika uji coba, maka sebaiknya jangan mengaplikasikan kunyit pada wajahmu.

Cara Membuat Masker Wajah Kunyit

masker kunyit
Foto: www.canva.com

Untuk membuat masker wajah yang berasal dari kunyit maka kamu perlu mencampurkan bubuk atau ekstrak kunyit dengan beberapa bahan lainnya.

Resep masker kunyit untuk kulit bercahaya

Untuk membuat kulit cerah dan bercahaya kamu dapat menyiapkan:

  • 2 sendok makan tepung terigu, baik itu tepung biasa, tepung beras, atau oatmeal jika kamu memiliki kulit kering.
  • 1 sendok teh kunyit
  • 3 sendok makan susu atau yoghurt

Kamu dapat mencampur tepung, kunyit, beberapa tetes madu, dan susu kemudian aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara tipis pada wajahmu dan biarkan mengering selama 20 menit.

Kemudian kamu bisa membilasnya sambil menggosok-gosok dengan lembut untuk menghilangkannya. Setelah bersih, jangan lupa untuk mengoleskan krim pelembap.

Resep masker kunyit untuk kulit sensitif

Cara membuat masker wajah yang dapat memberikan efek menghidrasi adalah dengan mengombinasikannya bersama lemon dan susu.

Untuk itu kamu dapat menyiapkan:

  • Jus lemon sebanyak 1 sendok makan
  • Susu sebanyak 3 sendok makan
  • sendok makan kunyit

Cobalah untuk mencampur semua bahan dalam mangkuk secara perlahan, kemudian oleskan campuran tersebut ke wajahmu dan biarkan selama 10 hingga 20 menit sebelum dibilas.

Resep masker kunyit untuk kulit berjerawat

Tekstur kunyit dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan membantu mengatur produksi minyak pada wajah sehingga dapat membuat kulit menjadi cerah dan rentan berjerawat.

  • sendoh teh kunyit bubuk
  • Olahan susu almon sebanyak 3 sendok teh
  • Soda kue dengan takaran 3 sendok teh

Kombinasikan semua bahan menjadi satu ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan ke wajah dengan menggunakan tangan yang bersih sambil memberikan pijatan-pijatan halus dari mulai dagu hingga ke dahi. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Resep masker kunyit untuk meredakan iritasi

Kunyit dapat meredakan peradangan dan iritasi, untuk itu kamu dapat menyiapkan:

  • 1 sendok teh kunyit bubuk
  • Madu organik sebanyak 1 sendok teh
  • Susu sebanyak 1 sendok makan

Masukkan kunyit madu dan susu ke dalam mangkuk kecil kemudian aduk hingga rata. Sebelum membersihkannya, kamu perlu membersihkan wajah.

Kemudian oleskan masker secara merata ke seluruh wajah dan biarkan mengering hingga 20 menit. Setelah itu kamu dapat membilasnya dengan air hangat.

Resep masker kunyit untuk menenangkan kulit

Jika kamu membutuhkan masker yang bisa menenangkan kulit, maka siapkan:

  • 2 sendok makan tepung kacang
  • sendok teh santan organik tanpa pemanis
  • 1 sendok teh jus mentimun
  • 1/3 sendok teh bubuk kunyit

Campurkan tepung, air mentimun, santan, dan kunyit ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata. Kemudian kamu dapat mengoleskan masker secara merata dan membiarkannya selama 15 menit. Setelah itu kamu bisa membilasnya dengan air hangat.

Resep masker kunyit untuk mengatasi jerawat

Tanaman kunyit yang dicampur dengan madu dapat menenangkan kulit yang meradang dan berjerawat, untuk itu kamu perlu menyiapkan:

Oleskan cuka sari apel ke kapas dan usapkan ke seluruh area wajah. Setelah menunggu selama 5 menit, kemudian oleskan masker hingga merata. Biarkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Kesimpulan

Foto: www.xframe.io

Kunyit memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan kulit. Jadikan kunyit sebagai bahan utama masker perawatan kulit, tapi pastikan tidak menyebabkan alergi.

Artikel Asli