Pamit dari AOMG, Begini Perjalanan Karier Jay Park Sejak Debut di 2PM hingga Dirikan Label Musik Sendiri

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 09:00
Pamit dari AOMG, Begini Perjalanan Karier Jay Park Sejak Debut di 2PM hingga Dirikan Label Musik Sendiri

Beberapa waktu lalu, kabar mengejutkan datang dari industri hiburan Korea Selatan. Pasalnya musisi hip hop ternama, Jay Park, melalui Instagram pribadinya mengumumkan mundur dari posisinya sebagai CEO AOMG dan H1GHR MUSIC. Walau begitu, ia mengaku akan tetap menjadi bersama menjadi penasihat, keluarga, dan teman untuk dua perusahaan yang didirikannya tersebut.

Sayangnya, tak lama usai pengumuman tersebut, akun Instagram pribadi Jay Park tidak dapat diakses. Tampaknya ia memutuskan untuk menghapus atau menutup sementara akun Instagram miliknya, dan membuat para fans berspekulasi bahwa ia ingin pensiun dari dunia hiburan.

Jay Park sendiri dikenal sebagai seorang rapper dan musisi berbakat yang telah melahirkan banyak karya terkenal. Bahkan ia juga sangat dicintai oleh rekan sesama artis AOMG dan H1GHR MUSIC yang mengungkapkan dukungan dan terima kasih atas kerja kerasnya. Untuk mengingat kembali, inilah perjalanan karier Jay Park dari awal debut hingga saat ini.

Debut Bersama 2PM

sumber: www.hancinema.net

Pria dengan nama asli Park Jae Beom ini lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 25 April 1987. Sudah menunjukkan minat yang besar pada musik hip hop dan breakdance , Jay Park mengikuti audisi JYP Entertainment yang diadakan di Amerika. Setelah lolos, ia mendapat bimbingan langsung oleh CEO JYP Entertainment, Park Jin Young.

Setelah menjalani pelatihan selama empat tahun, ia debut menjadi leader 2PM pada tahun 2008. Sayangnya, Jay Park memutuskan hengkang dari 2PM di tahun 2009 karena kontroversi di masa pra-debutnya. Demi meredam kemarahan publik, ia rela keluar dari grup dan memilih kembali ke Amerika, tempat di mana ia dibesarkan hingga selesai kontrak dengan JYP Entertainment di tahun 2010.

Debut Penyanyi Solo Usai Tinggalkan 2PM

sumber: www.soompi.com

Selama di Amerika, Jay Park tetap aktif bermusik dan merilis video cover di kanal YouTube miliknya, Jayparkaom pada tahun 2010. Tak disangka, salah satu cover lagu Nothing On You milik B.o.B feat. Bruno Mars menjadi viral. Berkat cover ini, ia meraih posisi puncak di beberapa situs musik bahkan mendapat sejumlah penghargaan seperti Naver Male Solo Most Popular Search di Korea, dan Best Web Video di ajang Mashable Awards di USA.

Pada 2011, Jay Park resmi merilis mini album perdananya, bertajuk 'Take A Deeper Look' di bawah naungan agensi SidusHQ. Sekali lagi, ia membuktikan bakatnya dengan turut serta menulis lirik untuk tujuh lagu di dalamnya, dan enam di antaranya diproduseri langsung olehnya. Berkat mini album ini, ia berhasil meraih penghargaan di Golden Disk Awards 2011.

Baru-baru ini, Jay Park juga telah merilis single berjudul "To Life" pada Sabtu, 1 Januari 2022, lalu bercerita tentang perjalanan hidup Jay Park yang telah dia capai sejauh ini dan semua yang dia coba di masa depan. Secara khusus, video tersebut juga dihadiri para artis di AOMG, seperti Simon Dominic, GREY, Loco, DJ Pumpkin, ELO, Ugly Duck, DJ Wegun, Hoody, Woo, CODE KUNST, Punchnello, Sogumm, GooseBumps, Lee Hi, YUGYEOM, dan Jung Chan Sung (Zombie Korea).

Mencoba Karier Akting

sumber: www.hancinema.net

Tak hanya bermusik, artis penuh talenta ini juga pernah terlibat dalam dunia layar lebar. Untuk debut aktingnya, ia dipercaya menjadi salah satu pemeran utama film 'Mr. Idol' di tahun 2011 bersama Kim Sooro dan Park Yejin. Selain itu, Jay Park juga pernah membintangi film "Hype Nation 3D" pada 2014. Sayangnya, Jay Park mengaku tak terlalu berbakat dalam berakting, sehingga lebih memilih untuk fokus bermusik.

--------------------------------------- SPLIT PAGE ---------------------------------------

Dipercaya Menjadi Juri Ajang Pencarian Bakat

sumber: www.soompi.com

Dengan bakat bermusik yang luar biasa, Jay Park juga sempat menjadi juri dalam ajang pencarian rapper berbakat di Korea Selatan, Show Me The Money (SMTM) season 4 bersama dengan LOCO mewakili AOMG. Selanjutnya di SMTM season 6, Jay Park kembali bergabung sebagai produser dan juri. Bukan cuma itu, ia bahkan juga pernah menjadi juri dari Asia's Got Talent season 2 dan season 3, bersama dengan Anggun dan David Foster.

Sukses Mendirikan Agensi dan Label Sendiri

sumber: www.soompi.com

Tidak hanya sebagai musisi, Jay Park juga sukses menjadi CEO dan mendirikan agensi AOMG di tahun 2013 silam bersama dengan Gray, Jun Goon, dan Cha Cha Malone. AOMG adalah rumah bagi banyak musisi, rapper, artis hip-hop, dan produser berbakat Korea Selatan seperti, Woo Won Jae, Hoody, Elo, Loco, Gray, Simon Dominic, Ugly Duck, Cha Cha Malone, Yugyeom, Lee Hi, dan masih banyak lagi.

Selain AOMG, Jay Park bersama dengan Cha Cha Malone membuat sub agensi dan label global, H1GHR MUSIC, pada 2017. Sebut saja nama-nama artis seperti pH-1, HAON, Sik-K, Woodie Gochild, Mokyo, Ted Park, Woogie, Yultron, sampai Groovy Room telah bergabung di sub label ini. Kedua agensi yang didirikannya mendapatkan kesuksesan dan telah melahirkan karya-karya terbaik untuk dinikmati para pencinta musik di seluruh dunia.

Inilah potret perjalanan karier dari seorang Jay Park, mulai dari debut hingga menjadi seorang CEO. Meskipun disayangkan, para penggemar tetap mendukung keputusan yang diambil untuk kariernya di masa depan. Jadi apakah kamu salah satu penggemarnya?

Artikel Asli