Eits, Jangan Digaruk! Ini Lho Cara Hilangkan Cara Gatal yang Benar Menurut Medis

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:35
Eits, Jangan Digaruk! Ini Lho Cara Hilangkan Cara Gatal yang Benar Menurut Medis

Kadang, kalau sedang gatal pasti tubuh akan reflek untuk menggaruk demi menghilangkan sensasi tersebut. Istilah gatal sendiri dalam medis adalah pruritus. Nah, kamu tahu gak sih, untuk menghilangkan rasa gatal tersebut ternyata ada cara yang tepat menurut medis lho.

Gatal mungkin terkait dengan ruam, yang mungkin diakibatkan oleh garukan. Bagi sebagian orang, mungkin tak ada ruam yang terlihat terkait dengan rasa gatalnya. Terlepas dari ada atau tak adanya ruam, gatal dapat melemahkan, terutama pada malam hari ketika seseorang mencoba untuk tidur.

Adapun penyebab umum kulit gatal seperti gigitan serangga, alergi, stres , dan kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis. Nah, berikut ini beberapa cara mengobati gatal-gatal secara alami dan medis melansir dari berbagai sumber.

1. Hindari barang atau situasi yang menyebabkan gatal

Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang menyebabkan gejala gatal dan segera kamu menghindarinya. Misalnya, menggunakan pakaian wol di ruangan yang terlalu panas, terlalu banyak mandi air panas atau terpapar produk pembersih.

2. Melembapkan setiap hari

Oleskan pelembap hipoalergenik dan bebas pewangi ke kulit yang terkena seenggaknya sekali sehari. Untuk kulit kering, krim dan salep yang lebih kental bekerja lebih baik daripada lotion.

3. Mengurangi stres atau kecemasan

Stres atau kecemasan dapat memperburuk rasa gatal. Banyak orang telah menemukan bahwa teknik seperti konseling, terapi modifikasi perilaku, akupunktur, meditasi, dan yoga dapat membantu mengurangi stres atau kecemasan.

4. Gunakan krim atau lotion

Penggunaan kirm kortikosteroid nonprescription juga dapat meredakan sementara gatal-gatal yang disertai kulit merah meradang. Atau Anda juga bisa coba losion dengan mentol (Sarna), capsaicin, kemper, atau anestesi topikal (pramoxine.

5. Mandi

Gunakan air hangat dan taburkan sekitar setengah cangkir (100 gram) garam Epsom, soda kue, atau produk mandi berbahan dasar oatme. Gunakan pembersih ringan namun batasi penggunaannya pada ketiak dan selangkangan.

Jangan menggosok terlalu keras dan membatasi waktu mandi kamu. Kemudian bilas sampai bersih, keringkan dan lembabkan. Disarankan juga istirahat yang cukup.

Demikian informasi mengenai cara mengobati gatal gatal, baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan medis. Semoga bermanfaat ya, Beauty.

Artikel Asli