Investasi Emas Bagi Investor Pemula Supaya Cuan

Gaya Hidup | journal.sociolla.com | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:00
Investasi Emas Bagi Investor Pemula Supaya Cuan

Dari banyak instrumen investasi, emas batang atau logam mulia masih menjadi instrumen investasi yang banyak diminati. investasi emas memiliki resiko yang rendah dan mampu menahan kenaikan harga atau inflasi. Harganya yang cenderung naik mampu mempertahankan nilai uang, selain itu emas batang juga mudah diperjual belikan.

Emas menjadi instrumen investasi yang cocok bagi investor pemula karena memiliki resiko yang sangat rendah, mudah mendapatkan emas batang baik fisik atau digital, dan juga instrumen investasi jangka pendek. Dalam waktu satu tahun saja emas batang pasti sudah ada kenaikan harga. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memulai investasi emas:

Menentukan Tujuan Investasi

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai investasi emas adalah menentukan tujuan dalam berinvestasi. Jangan sampai hanya membeli emas untuk dijual sewaktu - waktu. Tentukan kapan kalian akan memulai investasi dan kapan kalian akan menjual instrumen investasi tersebut. Misalnya kalian mulai investasi di bulan januari 2021 dan akan menjalnya 5 tahun kedepan untuk biaya haji, atau lain - lain.

Dengan tujuan yang jelas kalian bisa menentukan berapa banyak kalian akan berinvestasi setiap bulannya agar tujuan tercapai.

Menentukan Jenis Emas Yang Sesuai

Tentukan jenis emas yang akan kalian beli, kalian bisa membeli emas batang fisik atau emas digital. Emas fisik dapat kalian beli di toko emas terdekat atau melalui penjual online.

Keuntungan membeli emas fisik kalian bisa mudah mendapatkannya tetapi penyimpanannya yang kurang aman dibandingkan emas digital.

Sedangkan keuntungan membeli emas digital adalah kalian bisa mendapatkan di banyak aplikasi finansial yang menyediakan program investasi emas tanpa batasan jam operasional. Selain itu, jika membeli emas digital kalian dapat membeli dari nominal dibahaw Rp10.000 saja. Pastikan membeli di perusahaan finansial yang memperoleh izin OJK.

Pantau Harga Emas Secara Berkala


Saat sudah memutuskan untuk berinvestasi emas, kalian harus rajin memantau harga emas secara berkala. Pastikan membeli emas saat harga turun dan menjual emas saat harga naik. Jika kalian membeli emas digital, bandingkan harga emas dari platform satu dengan platform yang lain.

Konsisten Dalam Berinvestasi

Hal yang tak kalah penting dalam investasi agar cuan adalah konsisten. Jika tujuan investasi sudah jelas, tentukan berapa banyak kalian akan berinvestasi setiap bulannya. Ada baiknya kalian berinvestasi setiap bulan dengan nominal yang sama, tetapi jika tidak memungkinkan pastikan kalian tetap berinvestasi setiap bulan berapapun jumlahnya.

Sebisa mungkin membeli emas saat harga turun, tetapi jika harga naik dan tidak turun dalam satu bulan tetaplah membeli emas berapapun nominalnya. Konsisten berinvestasi dapan membuat nilai investasi kalian semakin berkembang setiap bulannya.

Itulah beberapa cara memulai investasi emas bagi pemula agar mencapai nilai investasi yang kalian harapkan. Selamat mencoba!

Foto: coolwallpapers.me

Artikel Asli