4 Makanan Ini Efektif ‘Membilas’ Ginjal, Catat!

Gaya Hidup | herstory | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 07:25
4 Makanan Ini Efektif ‘Membilas’ Ginjal, Catat!

Selama ini, dunia kesehatan seakan terfokus pada jantung, paru-paru dan kulit, namun kesehatan ginjal juga tak kalah pentingnya.

Ginjal sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan karena mereka bertanggung jawab untuk membuang limbah dari tubuh, menyeimbangkan mineral, mengatur air dan memproduksi hormon.

Tanpa ginjal, tubuh kita gak akan bisa menyaring kelebihan jumlah mineral. Ginjal bertanggung jawab untuk mengatur jumlah natrium, kalsium, fosfat dan kadar kalium dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin dari tubuh.

Jika ginjalmu rusak , Beauty , area lain dari tubuhmu akan mulai berkurang - seperti kesehatan tulang - karena ginjal menghasilkan bentuk aktif Vitamin D yang membantu tulang tetap kuat dan sehat.

Ketika seseorang didiagnosis menderita penyakit ginjal, itu berarti ginjalnya rusak dan tidak dapat menyaring darah sebagaimana mestinya. Kerusakan ginjal dapat menyebabkan limbah beracun menumpuk di dalam tubuh.

Setiap tahun, penyakit ginjal membunuh lebih banyak orang daripada kanker payudara atau prostat. Dengan jumlah statistik yang mengejutkan, penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang tepat.

Nah, membilas ginjal adalah bagian penting dari menjaga kesehatan ginjal . Tak minum cukup air dan terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menghambat kemampuan tubuhmu untuk berfungsi, Beauty.

Dikutip dari The Alternative Daily, Kamis (6/1/2022), berikut empat makanan yang efektif membilas ginjal. Read on, Beauty!

 

1. Jus jeruk

Jus jeruk bukan hanya minuman yang enak untuk dinikmati saat sarapan. Jus jeruk adalah sumber dinamis vitamin C dan memberi tubuh potasium, folat, magnesium, dan vitamin A. Mereka ringan, menyegarkan, penuh vitamin dan dapat membantu membersihkan ginjal.

Dokter pun menganjurkan asupan cairan yang tinggi untuk pencegahan batu ginjal. Minum jus jeruk dapat membantu menangkal batu ginjal karena dia mengandung sitrat, yang diketahui dapat mencegah perkembangan batu kalsium oksalat dan kalsium fosfat.

Sitrat sangat penting karena membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi keasaman urin. Jus jeruk sangat bagus untuk meningkatkan volume urin dengan membantu buang air kecil lebih sering karena jus jeruk kaya akan kadar kalium dan asam sitrat.

2. Minyak ikan

Minyak ikan adalah lemak yang diekstrak dari jaringan ikan. Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan mengandung vitamin A dan D.

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1.200 miligram minyak ikan sehari telah dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam kalsium urin dan konsentrasi oksalat dan peningkatan konsentrasi sitrat urin.

Mengkonsumsi minyak ikan juga dapat mengurangi jumlah protein dalam urin, terutama bagi individu yang telah menderita penyakit ginjal. Mengambil minyak ikan dapat membantu memperlambat hilangnya fungsi ginjal pada pasien yang telah mengembangkan penyakit ginjal untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Pastikan untuk makan ikan air dingin, seperti salmon, tuna, mackerel dan sarden untuk manfaat ginjal terbaik. Jika ikan bukan sesuatu yang kamu sukai, cobalah makan kenari, biji rami, atau minyak canola, yang juga kaya akan sumber asam eicosapentaenoic (EPA).

3. Susu

Mendapatkan kalsium yang cukup sangat penting untuk membilas ginjal karena kadar kalsium yang rendah dalam makanan dapat menyebabkan kadar oksalat meningkat dan menyebabkan batu ginjal .

Ada kesalahpahaman bahwa tidak mengonsumsi kalsium dapat membantu membersihkan ginjal. Namun sebaliknya, jika kamu tak mendapatkan cukup kalsium di saluran pencernaan untuk berikatan dengan oksala, maka akan meningkatkan penyerapan oksalat dan ekskresi oksalat urin.

Yang terbaik adalah mendapatkan kalsium dari makanan daripada suplemen kalsium karena beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara mengonsumsi suplemen kalsium dan mengembangkan batu ginjal. Susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak adalah pilihan kaya kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Kalau kamu termasuk orang yang gak toleran laktosa, cobalah makan makanan yang diperkaya kalsium seperti jus jeruk, susu kedelai, tahu, sereal yang diperkaya kalsium, sarden dengan tulang dan almond untuk mendapatkan dosis kalsium harianmu, Beauty.

4. Pola makan vegetarian

Diet vegetarian sangat bagus untuk mencegah penurunan fungsi ginjal dan mengobati gagal ginjal . Diet yang tinggi protein hewani dikaitkan dengan peningkatan serum dan asam urat urin pada orang sehat, yang menciptakan tekanan berlebih pada ginjal.

Pola makan vegetarian dapat membantu tubuh menangani ekskresi fosfor dengan lebih baik dari pola makan nabati dengan mengurangi risiko kalsifikasi metastatik di ginjalmu, Beauty .

Semoga informasinya bermanfaat ya!

Artikel Asli