4 Bagian Pesawat yang Tidak Boleh Didekati Penumpang, Nomor 3 Auto Pindah Alam

Gaya Hidup | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 02:04
4 Bagian Pesawat yang Tidak Boleh Didekati Penumpang, Nomor 3 Auto Pindah Alam

SEBANYAK 4 bagian pesawat yang tidak boleh didekati penumpang ini perlu Anda ketahui. Tak dipungkiri, jika pesawat menjadi moda transportasi paling diminati ketimbang alat transportasi lain. Sebab, dengan menaiki pesawat waktu tempuh perjalanan jauh menjadi lebih singkat.

Tingkat kecelakaan pesawat sebenarnya juga lebih rendah dibandingkan kendaraan umum lain, itupun tergantung kepiawain pilot dan kalaikan pesawat untuk terbang.

Meski sudah tidak asing lagi, ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui tentang komponen dan cara kerja pesawat.

Padahal, mengetahui komponen dan cara kerja pesawat penting untuk diketehui khususnya bagi para penumpang.

Dari sekian banyak komponen atau bagian pesawat ternyata ada beberapa yang tidak boleh di dekati oleh penumpang baik karena privasi maupun menimbang faktor risikonya.

Lantas bagian mana saja di pesawat yang "haram" didekati penumpang, selain pilot dan awak kabin? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

1. Ruang kokpit

Kokpit atau flight deck adalah sebuah ruangan khusus yang terdapat di bagian depan pesawat. Dari ruangan inilah pilot mengendalikan pesawat terbang.

Infografis Kecelakaan Pesawat

Kokpit terdiri dari flight instrument (instrumen penerbangan) dan flight control (kontrol penerbangan) yang memungkinkan pilot mengendalikan sang "burung besi".

2. Dapur pesawat ( galley )

Dalam dunia penerbangan, dapur yang terletak di pesawat terbang disebut dengan istilah galley . Dilansir dari laman sekolahpenerbangan.info , tempat ini merupakan tempat untuk meletakkan makanan dan minuman untuk penumpang pesawat terbang.

3. Pintu darurat ( emergency exit )

Perlu diketahui, membuka pintu darurat di dalam kabin pesawat ialah tindakan berbahaya dan bisa berakibat fatal. karena perbedaan tekanan udara, benda apapun yang tak diamankan bisa segera tertarik keluar.

Bila pintu terbuka saat terbang dan ada orang yang tidak tertarik keluar, mereka bisa menghadapi risiko kematian. Pesawat juga bisa saja hancur di udara akibat tekanan kuat.

Risiko yang sangat fatal lainnya adalah kekurangan oksigen akan terjadi, terutama penumpang yang tak memakai masker oksigen.

Artikel Asli