Mitos Atau Fakta Vagina Berdarah di Malam Pertama Tanda Masih Perawan?

Mitos Atau Fakta Vagina Berdarah di Malam Pertama Tanda Masih Perawan?

Gaya Hidup | herstory | Rabu, 5 Januari 2022 - 23:30
share

Tak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa keperawanan ditandai dengan keluarnya darah saat berhubungan intim pertama kali. Padahal, menentukan wanita tersebut perawan tak cukup hanya melihat darah saat berhubungan intim saja, Moms.

Meski sekarang ini sudah cukup banyak yang tak memperdulikan keperawanan, tapi kamu juga harus tahu arti sesungguhnya tentang \'keperawanan\' seorang wanita. Berikut ini mitos dan fakta tentang keperawanan.

1. Selaput dara yang masih rapat artinya perawan

Mitos, tak selalu selaput dara wanita yang sedikit meregang artinya mereka gak perawan. Kamu tak bisa menilai wanita masih perawan hanya karena memiliki selaput dara yang sempit.

Pasalnya, beberapa wanita memang terlahir memiliki selaput dara yang lebih elastis atau sedikit longgar. Bahkan, ada banyak penyebab robeknya selaput dara selain hubungan seksual, seperti jatuh dari sepeda. Sebab, robekan selaput dara akibat pernah berhubungan seksual dan karena aktivitas fisik terlihat berbeda.

2. Keluar darah saat pertama kali hubungan seksual artinya perawan

Mitos, gak semua wanita akan mengeluarkan darah saat melakukan hubungan seksual pertama kali. Khususnya, perempuan yang memiliki selaput dara elastis.

Kamu juga perlu tahu selaput dara robek dan wanita akan mengeluarkan darah tak hanya karena berhubungan seksual. Dengan kamu memasukkan jari ke dalam vagina saat foreplay juga bisa merobek selaput daranya.

3. Selaput dara robek karena hubungan seksual artinya tidak perawan

Fakta, kamu bisa menyebut seorang wanita sudah gak perawan kalau terbukti benar ia sudah pernah berhubungan intim. Tak sekadar foreplay, tetapi benar terjadi senggama, ya Moms.

Tapi, kita juga tak bisa menuduh wanita sudah gak perawan hanya karena selaput daranya robek. Bisa jadi itu bukan karena hubungan seksual, tetapi faktor lainnya. Sayangnya, kamu juga tak bisa memastikan hal ini. Ahli medis pun hanya bisa menilai dari bentuk robekannya untuk menentukan sudah lama atau tidak.

4. Kehilangan keperawanan pasti sakit

Fakta, ketika kamu baru pertama kali berhubungan seks vaginal mungkin akan merasakan sakit. Tetapi, rasa sakit itu hanya sementara dan kamu akan merasa lebih baik.

Tetapi, ada pula wanita yang mungkin tak merasa sakit hingga berdarah kalau memiliki selaput dara elastis dan pelumas yang cukup untuk mempermudah senggama.

5. Operasi selaput dara akan mengembalikan keperawanan

Mitos, tak sedikit wanita yang ingin mengembalikan keperawanannya dengan serangkaian perawatan organ intim agar hubungan seksual terasa seperti gadis atau malam pertama lagi, Moms.

Perawatan ini memang tak dilarang asalkan dilakukan oleh ginekolog rekonstruktif yang sudah ahli di bidangnya. Tetapi, kondisi selaput dara yang asli masih perawan dengan buatan tentu akan ada bedanya.

Topik Menarik