Tak Hanya Kulit Wajah, Kondisi Kulit Kepala Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan, Lho!

Tak Hanya Kulit Wajah, Kondisi Kulit Kepala Ini Juga Perlu Kamu Perhatikan, Lho!

Gaya Hidup | herstory | Senin, 3 Januari 2022 - 15:30
share

Sama seperti kulit lainnya, kulit kepala juga perlu kamu perhatikan, Beauty. Pasalnya kulit yang tertutupi oleh rambut ini sering kali mengalami gangguan.

Entah akibat kebersihan pribadi yang buruk atau tanda pnyakit di dalam tubuh. Nah, kira-kira apa saja ya masalah kulit kepala yang bisa terjadi?

1. Ketombe

Nah, ketombe menjadi salah satu masalah kulit kepala yang sering dialami banyak orang. Serpihan putih yang mengotori rambut ini, sbeenarnya adalah kulit kepala yang mengelupas lebih cepat, menumpuk, kemudian membentuk serpihan.

Biasanya ketombe sisebabkan oleh jamur yang hidup di rambut tanpa kendali. Orang yang malas keramas biasanya rentan memiliki ketombe. Meski tak ada obatnya, ketombe bisa diatasi dengan rutin keramas dengan sampo antiketombe.

2. Dermatitis seboroik dan cradle cap

Kulit kepala yang mengelupas lebih cepat bisa jadi tanda dermatitis seboroik, ya Beauty. Pada kasus yang parah kondisi ini bisa menyebabkan kulit kepala berminyak, berketombe, dan cenderung terlihat memerah.

Moms bisa mengatasinya dengan menggunakan sampo, sabun, atau losion khusus yang diresepkan oleh dokter.

3. Rambut kutuan

Masalah rambut kutuan biasanya sering dialami oleh anak-anak. Meski tak menyebabkan kondisi yang serius, kutu yang menghisap darah bisa menimbulkan kulit kepala terasa sangat gatal, Moms.

Kamu bisa mengatasinya denga menggunakan sampo atau obat khusus yang berbahan ivermectin.

4. Kurap

Kurap adalah infeksi jamur yang menyebabkan kulit bersisik, memerah, dan bercak-bercak. Penyakit ini sangat mudah menular dan bisa terjadi di kulit mana pun, termasuk kulit kepala, ya Beauty.

Untuk membunuh jamur, Anda harus mendapatkan obat topikal yang dioleskan pada kulit dan juga obat oral. Penyakit ini mudah menular dari kontak kulit, jadi jangan menggunakan pakaian, handuk, atau selimut yang sama bergantian.

5. Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit jadi sangat cepat. Akibatnya, kulit mati akan menumpuk, menebal, dan berkerak.

Kulit yang berkerak bisa terasa gatal dan terasa sakit, Beauty. Kondisi ini tak hanya terjadi pada kulit kepala, tapi juga pada kulit yang lainnya.

Kondisi ini dapat diringankan gejalanya dengan salep steroid dan sampo yang mengandung salisilat. Namun pada kasus parah membutuhkan obat suntikan dan terapi ultraviolet untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit mati.

Topik Menarik