10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes!

Gaya Hidup | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 15:00
10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Kurangi Risiko Komplikasi Diabetes!

10 CARA menurunkan gula darah secara alami penting diketahui, terutama bagi pasien diabetes. Gula darah tinggi, juga dikenal sebagai hiperglikemia, dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Prediabetes adalah ketika gula darah Anda tinggi, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes.

Tubuh Anda biasanya mengelola kadar gula darah Anda dengan memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan sel-sel Anda menggunakan gula yang bersirkulasi dalam darah Anda. Dengan demikian, insulin adalah pengatur kadar gula darah yang paling penting.

Namun, beberapa faktor dapat mengganggu manajemen gula darah dan menyebabkan hiperglikemia. Penyebab internal gula darah tinggi termasuk ketika hati Anda menghasilkan terlalu banyak glukosa, tubuh Anda membuat terlalu sedikit insulin, atau tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin secara efektif yang dikenal sebagai resistensi insulin.

Manajemen gula darah sangat penting bagi penderita diabetes, karena kadar gula darah yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan komplikasi ekstremitas dan mengancam jiwa. Melansir laman Healthline pada Selasa (28/12/2021), berikut adalah 10 cara mudah menurunkan kadar gula darah secara alami.

Olahraga

10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Olahraga meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu otot Anda menggunakan gula darah untuk bergerak. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Kelola asupan karbohidrat

Tubuh Anda memecah karbohidrat yang Anda makan menjadi glukosa, yang kemudian meningkatkan kadar gula darah Anda. Dengan demikian, mengurangi asupan karbohidrat Anda dapat membantu pengaturan gula darah.

Makan lebih banyak serat

10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

(10 Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami, Foto: Boldsky)

Makan banyak serat dapat membantu manajemen gula darah. Serat makanan larut tampaknya lebih efektif daripada serat tidak larut untuk tujuan ini.

Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi dapat mengurangi kadar gula darah dan risiko diabetes. Konsumsi cukup air mineral dan minuman nol kalori serta hindari minuman manis.

Terapkan kontrol porsi

Kontrol porsi dapat membantu Anda mengatur asupan kalori dan mempertahankan berat badan yang moderat. Memantau ukuran porsi makan Anda juga membantu mencegah lonjakan gula darah.

Artikel Asli