Ruam Kulit Jadi Gejala Tak Biasa pada Pasien Omicron di Inggris

Gaya Hidup | limapagi.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:50
Ruam Kulit Jadi Gejala Tak Biasa pada Pasien Omicron di Inggris

LIMAPAGI - Varian baru Covid-19 asal Afrika Selatan yakni Omicron telah mencapai ribuan di Inggris. Data terbaru dari Pemerintah Inggris melaporkan telah terkonfirmasi positif Omicron sebanyak 102.729 kasus pada 24 Desember 2021.

Diketahui, gejala dari Omicron tampak berbeda dengan varian Covid-19 sebelumnya. Jika sebelumnya gejala Omicron dikenal seperti pilek, sakit otot ringan, kelelahan luar biasa, tenggorokan gatal, dan keringat malam. Kini muncul gejala tak biasa pada pasien Omicron di Inggris.

Mengutip dari Express, Selasa, 28 Desember 2021, salah satu pasien positifi varian Omicron melaporkan pada aplikasi ZOE Covid Study bahwa ia mengalami gejala yakni ruam kulit.

Studi ZOE Covid ini dibuat oleh para dokter dan ilmuwan dari berbagai universitas termasuk Harvard T.H. Chan School of Public Health dan Kings College London, yang bekerja sama dengan perusahaan ilmu kesehatan bernama ZOE.

Aplikasi ini digunakan untuk mengamati gejala virus corona dan melacak penyebarannya. Aplikasi ZOE Covid Study melaporkan bahwa berdasarkan frekuensinya, ruam kulit harus dianggap sebagai "tanda kunci keempat" dari infeksi virus corona.

Ada dua jenis ruam yang diamati pada pasien positif Covid-19 Omicron, yaitu ruam benjolan gatal (Covid fingers and toes) dan ruam tipe biang keringat.

Ruam jenis Covid fingers and toes merupakan ruam yang memunculkan benjolan merah dan ungu di jari tangan dan kaki. Benjolan ini bisa menyebabkan rasa sakit.Benjolan ini biasanya tidak gatal dan lebih sering terjadi pada pasien Covid yang berusia muda.

Lalu untuk ruam tipe biang keringat, ini adalah ruam yang menimbulkan rasa gatal yang muncul tiba-toba dalam bentuk benjolan di kulit. Jenis ruam ini bisa datang dan pergi dengan cukup cepat.

Tidak seperti ruam Covid fingers and toes, tanda khusus dari ruam tipe biang keringat ini bisa sangat gatal. Gejala ini dimulai dengan rasa gatal yang hebat pada telapak tangan atau telapak kaki. Ruam seperti ini bisa muncul sejak awal saat infeksi dan bisa juga berlangsung lama setelahnya.

Ruam tipe biang keringat atau ruam tipe cacar air bisanya muncul di siku, lutut, dan punggung tangan dan kaki. Ruam biang keringat dapat bertahan selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Penelitian mereka memperingatkan bahwa gejala kulit ini sering terjadi ketika tidak ada gejala lain yang terkait dengan Covid-19.

Artikel Asli