Apa Itu Penyakit Ain? Begini Gejala dan Cara Mencegahnya

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:45
Apa Itu Penyakit Ain? Begini Gejala dan Cara Mencegahnya

Moms, apakah pernah mendengar penyakit ain? Kondisi ini tergolong sebagai gangguan mental yang biasa dipercaya oleh umat Islam.

Penyakit ain adalah gangguan yang disebabkan oleh pandangan mata yang disertai perasaan iri dan dengki. Di mana apa yang dilihat bisa memengaruhi perasaan dan pikiran, serta berdampak negatif bagi kesehatan.

Penyakit ain ini telah dikenal sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda, Ain itu benar-benar ada. Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ain itu bisa. (HR. Muslim No.2188).

Nabi Muhammad SAW pernah menyarankan bahwa seseorang untuk diruqyah untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit ain. Dikisahkan Nabi Muhammad SAW pernah melihat anak perempuan Ummu Salamah r.a. yang masih kecil dengan wajah yang cenderung berwarna hitam.

Nabi Muhammad SAW bersabda, Mintakanlah ruqyah untuknya karena dia terkena nadzrah (penyakit ain). HR. al-Bukhari dan Muslim).

Sama seperti penyakit lainya, ain juga memiliki gejala yang kerap mengganggu keseharian. Gejala yang ditimbulkan oleh Ain menurut Syaikh Abdul Aziz As-Sadhan hafidzahullahu Taala adalah, jika bukan karena penyakit jasmani (penyakit medis), maka gejala Ain dapat berupa:

  1. Sakit kepala yang berpindah-pindah
  2. Wajah terlihat pucat
  3. Sering berkeringat dingin dan buang air kecil
  4. Tidak nafsu makan
  5. Mati rasa
  6. Meriang
  7. Detak jantung yang cepat dan tidak beraturan
  8. Rasa nyeri yang berpindah-pindah dari bagian bawah punggung hingga bahu
  9. Sering berkeringat di malam hari
  10. Selalu emosi yang berlebihan
  11. Ketakutan yang berlebihan dan tidak wajar
  12. Sering bersendawa
  13. Dada terasa sesak disertai rasa kecemasan
  14. Menguap atau terengah-engah
  15. Selalu menyendiri
  16. Adanya masalah kesehatan tertentu tanpa ada sebab-sebab medis yang diketahui

Cara mencegah penyakit ain adalah dengan mendoakan keberkahan kepada sesama manusia dan senantiasa meminta perlindungan kepada Allah SWT. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda Jika seorang dari kalian melihat pada diri saudaranya suatu hal yang menakjubkan maka doakanlah keberkahan baginya, karena ain itu benar adanya. (QS. An Nasa-i No.10872 dishahihkan Al Albani dalam Shahih An-Nasa-i).

Artikel Asli