7 Film Action Korea Terbaik Tahun 2021 Beserta Ulasannya

Gaya Hidup | katadata.co.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 14:05
7 Film Action Korea Terbaik Tahun 2021 Beserta Ulasannya

Industri perfilman Korea Selatan semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Kesuksesan Parasite berhasil meraih Academy Award for Best Picture atau Film Terbaik di tahun 2020. Film tersebut menjadi satu-satunya film bahasa asing atau foreign-film yang memenangkan gelar Film Terbaik.

Berdasarkan data Statista, pendapatan penjualan dalam industri film di Korea Selatan mencapai 1,05 triliun won pada tahun 2020 dengan total 807 film diproduksi. Dunia perfilman di Korea menjadi salah satu pasar paling aktif di dunia melalui perkembangan multipleks dan popularitasnya.

Berbagai genre ditawarkan oleh film-film Korea, termasuk genre action atau aksi. Meski pandemi berdampak dalam penundaan jadwal tayang dan produksi, sejumlah film action Korea telah dirilis pada tahun 2021 dan sukses menarik banyak penonton.

Simak rekomendasi film action Korea terbaik tahun 2021 beserta ulasannya berikut ini.

1. Space Sweepers

Posisi pertama dalam daftar film action Korea terbaik diisi oleh Space Sweepers . Film ini cocok untuk penggemar film action Korea dengan unsur sci-fi . Dirilis pada 5 Februari 2021, Space Sweepers bercerita tentang keadaan Bumi di masa depan.

Pada tahun 2092, Bumi hampir tidak dapat dihuni sehingga sebuah perusahaan bernama UTS Corporation membangun peradaban di Mars sebagai Bumi baru dengan menumbuhkan tanaman yang dimodifikasi secara genetik di planet dan mengubahnya menjadi lingkungan yang ramah bagi manusia.

Untuk menampung para warga selama pembangunan peradaban di Mars, UTS Corporation membuat rumah di ruang angkasa. Namun, hanya beberapa orang terpilih yang diizinkan untuk tinggal di rumah tersebut, sementara mereka yang tersisa di Bumi harus menghirup udara yang tercemar dan berjuang untuk hidup dalam kondisi yang buruk.

Banyak warga yang masih tinggal di bumi bekerja sebagai space sweepers atau penyapu ruang angkasa yang bertugas untuk mengumpulkan puing-puing di ruang angkasa yang mengambang di orbit dan menjualnya kepada perusahaan untuk bertahan hidup.

Space Sweepers menceritakan sebuah kru penyapu ruang angkasa yang menemukan robot senjata pemusnah massal dan terlibat dalam kesepakatan bisnis yang berisiko.

Space Sweepers dibintangi oleh banyak aktor dan aktris unggulan di Korea Selatan. Seperti Song Joong-ki, Kim Tae-ri, dan Jin Seon-kyu. Salah satu fakta menarik dari film ini adalah sebelum bergabung, aktor Song Joong-ki tidak membaca naskah film sama sekali. Space Sweepers dapat ditonton secara online di Netflix.

2. Midnight

Midnight adalah film action Korea Selatan tahun 2021 yang ditulis dan disutradarai oleh Kwon Oh-seung. Film yang dibintangi Jin Ki-joo, Wi Ha-joon dan Kim Hye-yoon. Awalnya, film ini dijadwalkan rilis pada tahun 2020 tetapi ditunda karena pandemi COVID-19. Akhirnya film ini dirilis pada 30 Juni 2021.

Midnight menggambarkan perjuangan Kyung-Mi (Jin Ki-Joo) yang memiliki masalah pendengaran. Dia bekerja sebagai konselor bahasa isyarat di sebuah call center. Suatu Malam di Seoul, dia bertemu dengan pembunuh berantai Do-Sik (Wi Ha-Joon). Kyung-Mi berusaha lepas dari Do-Sik apapun caranya.

3. Seobok

Rekomendasi film action Korea terbaik selanjutnya adalah Seobok . Film ini dirilis pada 15 April 2021 di bioskop dan sudah bisa ditonton melalui situs online . Masih seputar genre action sci-fi, Seobok bercerita tentang seorang mantan agen intelijen Korea bernama Ki-hun.

Ki-hun sedang menderita penyakit parah dan tidak dapat disembuhkan dengan obat ataupun perawatan. Kemudian ia mendapat tugas untuk mengantar seorang laki-laki bernama Seo Bok, yaitu kloning manusia pertama yang berasal dari sel telur manusia.

Seo Bok tidak mengenal dunia luar dan secara berkala mengalami proses pengambilan cairan untuk diteliti. Cairan yang dihasilkan oleh Seo Bok ternyata memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit Ki-hun.

Oleh karena itu, Ki-hun menjalin kesepakatan dengan laboratorium tersebut untuk mengantarkan Seo Bok ke suatu tempat secara rahasia. Namun, pada saat perjalanan, Ki-hun dan Seo Bok menghadapi berbagai rintangan dan kejadian yang mengubah arti kehidupan mereka.

Seobok dibintangi aktor unggulan Korea Gong Yoo dan Park Bo-gum serta aktor pendukung lainnya seperti Jo Woo Jin, Jang Young Nam, dan Park Byung Eun. Pada awalnya, Seobok dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2020, namun, pandemi terjadi sehingga ditunda hingga tahun 2021. Seobok dapat ditonton melalui situs Catchplay.

4. Mission: Possible

Selanjutnya, rekomendasi film action Korea terbaik adalah Mission: Possible . Film ini disutradarai oleh Kim Hyung-joo dan diadaptasi dari seri Mission: Impossible oleh Bruce Geller. Pemeran utamanya adalah Lee Sun-bin dan Kim Young-kwang.

Mission: Possible mengisahkan seorang agen rahasia pemula Da-hee yang menerima informasi bahwa sejumlah besar senjata api ilegal diselundupkan ke Korea dan ia dikirim untuk menyelidiki kasus.

Da-hee bertemu Su-han, yang seharusnya membantunya dengan kasus ini tetapi karena keterampilannya yang buruk, mereka terus berdebat tentang hal-hal yang sangat sepele. Saat saksi mereka tiba-tiba dibunuh, mereka berdua menjadi tersangka utama.

Film ini dirilis di Korea Selatan pada 17 Februari 2021. Menurut data Korean Film Council, film ini menempati urutan ke-16 di antara semua film yang dirilis pada tahun 2021 di Korea Selatan dengan pendapatan kotor US$ 3,56 juta. Saat ini, Mission: Possible dapat ditonton secara daring melalui layanan iQiyi, Viu, dan Vidio.

5. Escape from Mogadishu

Escape from Mogadishu adalah film action Korea Selatan tahun 2021. Film ini disutradarai oleh Ryoo Seung-wan dan dibintangi oleh Kim Yoon-seok, Jo In-sung, Heo Joon-ho dan Kim So-jin.

Escape from Mogadishu dibuat berdasarkan peristiwa nyata tentang upaya Korea untuk diterima dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada akhir 1980-an dan awal 1990-an selama Perang Somalia.

Film ini menceritakan upaya pelarian berbahaya yang dilakukan oleh pekerja kedutaan Korea Utara dan Selatan yang terperangkap selama konflik.

Film ini dirilis pada 28 Juli 2021 dan menurut Korean Film Council meraup keuntungan sebesar US$ 25,383,411. Escape from Mogadishu awalnya akan dirilis pada musim panas 2020 tetapi ditunda karena pandemi Covid-19.

6. Hard Hit

Hard Hit adalah film action Korea Selatan tahun 2021 yang disutradarai oleh Kim Chang-ju dan dibintangi oleh Jo Woo-jin, Lee Jae-in dan Ji Chang-wook. Film ini dirilis secara teatrikal pada 23 Juni 2021.

Hard Hit menggambarkan keadaan yang tidak terduga dari sebuah keluarga biasa. Seorang kepala pusat bank di Busan, Seong-gyu pergi bekerja di mobilnya dengan putrinya Hye-in yang akan mengikuti ujian masuknya.

Tiba-tiba, dia mendapat panggilan di teleponnya dengan pembatasan pada tampilan nomor. Seseorang berbicara kepadanya dan mengatakan bahwa ada bom di bawah kursi mobil dan akan meledak. Seong-gyu harus berjuang untuk menyelamatkan keluarganya.

7. Recalled

Rekomendasi film action Korea terbaik yang terakhir adalah Recalled . Rilis pada 21 April 2021, Recalled bercerita tentang Soo-jin (diperankan oleh Seo Yea-Ji) yang terbangun di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan.

Soo-jin kehilangan ingatannya, perlahan dia dapat menemukan potongan-potongan ingatannya melalui pengalaman masa lalu dalam hidupnya yang terjadi sebelum kecelakaan itu. Berkat perawatan yang diberikan oleh suaminya, Ji-Hoon, dia bisa pulang dari rumah sakit.

Tetapi, kini Soo-Jin dapat melihat masa depan orang-orang terutama saat orang-orang menghadapi situasi berbahaya. Suatu hari, Soo-Jin kebetulan bertemu dengan mantan rekan kerjanya. Mantan rekan kerjanya tersebut memberitahu sesuatu tentang Ji-Hoon yang tidak bisa dia percaya.

Soo-jin mulai mengalami halusinasi yang dia rasakan dan melihat peristiwa pembunuhan di masa depan. Sementara itu, Ji-hoon tampaknya menyimpan rahasia di balik sifatnya yang penuh perhatian.

Pada akhirnya, Soo-jin dihadapkan oleh kebingungan saat dia mengetahui kebenaran yang mengejutkan tentang suaminya.

Melalui Recalled , penonton turut merasakan atmosfer gelap yang mendebarkan saat satu per satu fakta terungkap. Recalled dibintangi oleh aktris berbakat Seo Yea-Ji dan aktor Kim Kang-Woo, serta aktor pendukung lain Bae Yoo-Ram, Yum Hye-Ran, dan Kim Kang-Hoon. Recalled dapat ditonton melalui layanan Viu.

Itulah rekomendasi film action Korea terbaik tahun 2021 beserta ulasannya.

Artikel Asli