4 Bahan Alami Cegah Kerutan akibat Penuaan Dini, Ampuh dan Efektif!

Gaya Hidup | limapagi.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:45
4 Bahan Alami Cegah Kerutan akibat Penuaan Dini, Ampuh dan Efektif!

LIMAPAGI - Proses penuaan pada kulit kerap terjadi pada seseorang yang telah menginjak usia lanjut. Salah satu tanda hadirnya penuaan di wajah adalah adanya kerutan, terutama pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, leher, tangan, dan lengan bawah.

Namun biasanya, kerutan muncul sejak usia antara 40 dan 50 tahun karena kulit kehilangan kelembaban dan elastisitasnya. Meskipun kerap menyerang usia lanjut, masalah penuaan pada kulit juga bisa menyerang orang-orang usia muda.

Terdapat tiga faktor terbesar munculnya kerutan pada kulit, seperti genetika, paparan sinar matahari dan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan pola makan yang tidak seimbang.

Tak usah khawatir jika tanda-tanda penuaan dini telah hadir pada kulit kamu. Kamu bisa melakukan langkah pencegahan dengan melakukan perawatan medis atau perawatan tradisional di rumah.

Mengutip dari Healthline, Selasa, 28 Desember 2021, ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat mencegah munculnya kerutan yang menjadi tanda dari penuaan dini.

1. Lidah buaya

Sudah menjadi rahasia umum jika lidah buaya memiliki banyak khasiat penyembuhan atau manfaat untuk kesehatan. Bahkan sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen gel lidah buaya setiap hari secara signifikan dapat mengurangi munculnya kerutan hanya dalam 90 hari.

Kemudian pada studi lainnya, para ilmuwan menemukan bahwa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit juga dapat mengurangi munculnya kerutan, dapat menambahkan kolagen, dan membuat kulit terhidrasi.

2. Masker pisang

Pengobatan rumah selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk melawan kerutan di wajah adalah dengan rutin mengonsumsi pisang. Pisang mengandung minyak alami dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Maka dari itu, para ahli merekomendasikan mengoleskan masker pisang ke kulit. Kamu hanya perlu menghancurkan seperempat pisang sampai menjadi halus, lalu oleskan pisang tersebut pada kulit dan biarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

3. Putih telur

Bahan selanjutnya adalah putih telur. Putih telur dipercaya dapat memperbaikan kesalahan-kesalahan yang ada di kulit wajah.

Dalam satu penelitian menyatakan bahwa krim yang dibuat dengan membran telur dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen, yang membuat kulit lebih halus dan elastis.

4. Minyak zaitun

Pengobatan rumah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melawan kerutan dan penuaan adalah minyak zaitun. Minyak zaitun dan produk sampingannya, seperti batang dan daunnya, mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolagen kulit.

Dalam sebuah studi tahun 2001, orang yang makan makanan kaya minyak zaitun kurang rentan terhadap kerutan daripada orang yang makan makanan tinggi daging, susu, dan mentega.

Artikel Asli