Jangan Diremehin! Sakit Gigi Bisa Jadi Tanda Diabetes Lho

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:30
Jangan Diremehin! Sakit Gigi Bisa Jadi Tanda Diabetes Lho

Diabetesmenjadi salah satu penyakit kronis yang telat ditangani. Pasalnya banyak orang yang mengganggap sepele gejala yang ditimbulkan, seperti sering buang air kecil dan juga sering merasa lapar.

Ternyata, ada juga tanda khas yang muncul jika kamu menderita diabetes lho. Hal itu bisa dilihat melalui kesehatan kondisigigi dan juga mulut.Kondisi gigi, mulut, dan gusi dapat memberi petunjuk kepada dokter tentang masalah medis lain yang mungkin perlu diatasi dengan serius.

"Banyak orang-orang yang tak menyadari bahwa menderita diabetes. Padahal itu terlihat jelas dari kondisi gusi yang nampak 'buruk'," ujar Panos Papapanou, DDS, profesor kedokteran gigi di Universitas Columbia kepada HuffPost.

"Kondisi gusi yang terlihat tak sehat telah dibuktikan memiliki kaitan dengan diabetes. Seorang dokter gigi mungkin dapat membantu mengidentifikasi diabetes yang tidak terdiagnosi," sambungnya lagi.

Hubungan antara keduanya disebabkan karenadiabetesmeningkatkan risiko penyakit gusi. Dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Diabetologia ketika terjadi peradangan pada gusi tentu akan berdampak negatif pada kemampuan tubuh untuk mengatur gula darah. Dan bisa jadi radang gusi yang menyebabkan hubungan antara penyakit gusi, diabetes dan periodontitis, menurut American Academy of Periodontology.

Selain itu, penderitadiabetestiga kali lebih mungkin mengalami jenis penyakit gusi yang paling parah ini. Jadi, jika kamu menderita diabetes atau penyakit kardiovaskular, jaga kesehatan mulut. Ada kemungkinan bakteri dapat berada di bawah gusi yang meradang dan memperburuk penyakit diabetes

Artikel Asli