Dikira Sama dengan Maag, Kenali 5 Ciri GERD yang Wajib Kamu Ketahui

Gaya Hidup | herstory | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:10
Dikira Sama dengan Maag, Kenali 5 Ciri GERD yang Wajib Kamu Ketahui

GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan kondisi ketika cairan asam lambung naik menuju kerongkongan. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan tak nyaman pada penderita.

Gejala yang ditimbulkan GERD mirip dengan sakit maag. Oleh karena itu, banyak yang beranggapan bahwa dua penyakit ini sama, lho. Padahal keduanya merupakan penyakit yang berbeda.

Nah, supaya gak salah lagi, yuk kenali lima gejala penyakit GERD berikut ini.

1. Nyeri ulu hati

Ciri utama terjadinya GERD adalah terjadinya heartburn atau nyeri di ulu hati. Penderita biasanya merasa seperti terbakar di bagian tengah dada dan tepat di atas perut.

Gejala ini biasanya merambat dari dada, perut, sampai leher. Bila sudah semakin parah, akan timbul usai makan dan lebih buruk di malam hari.

2. Mual

GERD juga menimbulkan rasa mual yang kerap terjadi di pagi hari atau saat bangun tidur. Biasanya kondisi muncul karena ada rasa mual dari tenggorokan hingga perut. Namun kebanyakan tak sampai mengeluarkan muntah.

Mual bisa diredakan dengan minum air putih hangat. Ingat ya, jangan tambahkan teh atau kopi karena dapat memperburuk kondisimu.

3. Mulut terasa asam dan pahit

Penderita GERD kerap merasakan mulut yang asam dan pahit khususnya di pagi hari. Kondisi ini terjadi karena adanya masalah dalam saluran pencernaan.

Makanan yang sudah dikonsumsi naik kembali menuju kerongkongan atau esofagus. Hal ini menyebabkan adanya rasa asam dan pahit yang tersisa di mulut.

4. Masalah gigi

GERD juga ditandai dengan adanya kerusakan gigi serta sebagian jaringan di sekitarnya. Saat asam lambung naik ke kerongkongan, cairan tersebut juga memasuki mulut.

Tanpa disadari kondisi tersebut merusak permukaan gigi serta enamel gigi. Semakin sering hal ini terjadi, maka kondisi kesehatan gigi juga makin buruk.

5. Gejala memburuk saat berbaring

Tak sedikit penderita GERD mengeluh merasakan gejala yang semakin buruk saat dalam posisi berbaring atau tiduran. Ulu hati akan terasa lebih nyeri, hingga disertai batuk yang menimbulkan napas lirih.

Tak hanya itu, rasa mual juga semakin parah jika tubuh berbaring. Oleh karena itu, penderita GERD dianjurkan untuk tak segera tidur seusai makan.

Itu dia gejala dari penyakit GERD, Beauty. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Artikel Asli